RE(S)KOMEN: Makan Bubur di Bandung

Mungkin gini rasanya ngidam, pengennya susah ditolak. Kemarin-kemarin pengen banget makan bubur. Dan kebetulan seminggu ini udah tiga kali makan bubur. Emang cocok banget makan bubur lagi ujan-ujan gini. Kadang suka disangka sakit kalau pengen makan bubur, terutama Ayah saya. Setiap saya bilang mau bubur pasti ditanya, "lagi sakit, ya?" Padahal kan ya pengen aja makan bubur.

Pas banget saya tinggal di Bandung, yang segala makanan apapun ada. Nah, sekarang saya mau kasih rekomendasi beberapa tempat makan bubur yang terkenal di Bandung. Saya mulai dari yang paling saya suka, ya. :)

1. Bubur Haji Oyo
Dari saya kecil udah ada nih, om saya suka banget sama bubur ini, karena sering diajak, jadi suka deh. Bubur ini termasuk bubur yang kental. Ciri khas bubur Mang Oyo itu kalau dibalik, ga tumpah. Dulu waktu saya kecil, lokasinya ada di jalan kecil depan PGII. Setelah itu beberapa kali pindah tempat, dan terakhir yang sering saya kunjungi itu di daerah Sulanjana (depan Gummo). Kalian bisa pilih, bubur polos atau dengan tambahan toping lainnya seperti cakue, ati ampela, dan telur. Harganya dimulai dari 10 ribu, ada dari pagi sampai malam, kalau belum habis.

2. Bubur Di Samping RS Muhammadiyah
Saya lupa nama buburnya bubur apa, hehe. Yang jelas ini juga enak, banyak, dan murah. Harga 1 porsinya 10 ribu, kalau 1/2 porsi 6 ribu. Banyak banget, topingnya lengkap, ayam, cakue, ati ampela, dan emping. Lokasinya ada di samping RS Muhammadiyah Jl. Banteng, deket Palasari dan Lodaya. Tempatnya kecil, kok, tapi rasanya besarrr. Selalu ada mau jam berapapun. :)

3. Bubur Gibbas
Berlokasi di Jalan Kebon Jati, tepatnya di Sebrang RS Kebon Jati. Bukanya mulai maghrib. Saya baru coba sekali, tapi langsung suka. Buburnya tidak terlalu kental, tapi topingnya banyak bangettt. Saya kemarin pesan setengah porsi bubur komplit, harganya 10ribu. Kalau satu porsi harganya 12 ribu. Wajib coba, topingnya memuaskan!

4. Bubur PR 
Ini nih, bubur kesukaan Ayah saya. Katanya dulu beliau kalau makan bubur pasti di sini dari jaman beliau sekolah. Tempatnya ada di depan kantor PR, Jalan Asia Afrika, bukanya malam juga. Enak, dan buburnya tidak terlalu kental. Saya lupa harganya berapa, kalau tidak salah sih 15 atau 13 ribu.

5. Bubur Pelana
Buburnya encer, kalau saya pribadi tidak terlalu suka, tapi ya tergantung selera, soalnya tempat ini ramai sekali. Selain bubur, ada juga es campur dsb. Harganya juga saya lupa, ya standar harga bubur enak lah pastinya, hehe. Tempatnya di depan BPI 1, Jalan Burangrang. Bukanya malam.

6. Bubur Zaenal
Ciri khas buburnya itu memakai pandan dan santan, banyak yang suka, tapi kalau menurut saya jadinya malah manis, hehe. Ya, lagi-lagi tergantung selera. Belokasi di Simpang Dago, kalau bingung, cari aja makanan di seberang McD Simpang. Bukanya malam, harga 1 porsinya 15 ribu.

Ada yang punya rekomendasi lain? Ditunggu :)

Share:

0 comments