Ke JOGJA Yuk! #1

"Lo udah packing belom?"
"Belom, Bek, sibuk."
"Pemalesan banget sih, tar malem ga akan gue bantuin packing."

"Lo jangan lupa bawa kamera."
"Males, ah, Bek. Berat, pake hape aja."
"Lo pemalesan banget sih, gue yang bawain."


"Na, lo bawa sabun gitu-gitu, yak."
"Segala bawa sabun, di hotel juga ada."
"Sabun asal-asalan itu mah, ga berbusa."
"Yaelah, beli di sana aja ntar."
"Lo mah emang gamau berat sih ya."

"Lo, suka jalan-jalan packing minta bantuin?"
"Yaelah, Bek."
"Ampun deh lo emang, sini sama gue!"




Mau liburan ama si Beki selama empat hari, tapi belum apa-apa dia udah marah-marah terus. Ngomel mulu tiada henti, sampe pas minta jemput di travel aja ngomel, ini orang emang galak, kalo galak gimana mau dapet jodoh? Ciye, liburan bareng lagi, terakhir liburan bareng ke Tidung, jaman rambut masih gondrong, liburan sekarang bakal ketemu Wina juga. Sebenernya tujuan utamanya ke undangan, ya sekalian liburan. Kakaknya Wina nikahnya di Yogjakarta, dateng ke nikahan kakaknya Wina juga patah hati sih, tapi hatinya nyambung lagi kan soalnya lagi liburan hahaha.

YOGYA YOGYA!!! Ini bener-bener trip yang ngatur dan ngurus sendiri dari mulai tiket, tempat nginep, ngelist mau kemana aja, sampe makan di mana aja, karena makan adalah kebutuhan pokok, ini wajib dipikirin. Kadang kalau trip, walaupun ada yang ngurus sendiri, tapi kadang tetep ikut paket, atau ada yang diurus orang, tapi ini beneran sendiri, apalagi si Sarah yang sibuk, dia cuma mastiin kalo si aku udah ngurusin semua yang harus diurusin, jadi lumayan aga ribet, ga ribet sih sebenernya soalnya emang seneng juga ngurusin buat liburan.

Berangkat dan pulang naik kereta api, walaupun sebelumnya galau pengen naik bis, diajak naik pesawat si Beki takut, suka-suka dialah. Dapet tiket berangkat bisnis 140ribu dan pulang ekonomi 220ribu, udah beli tiket, eh ada temen yang ngasih tau promo imlek yang harganya jauh lebih murah bisa dapet Eksekutif, KZL. Berangkatnya dari Bandung nih, soalnya kayanya bakal ribet kalau berangkat dari Senen, jadi si Beki ke Bandung dulu (mau aja disuruh-suruh ke Bandung). Trip kali ini juga termasuk yang bikin sedih, soalnya pas berangkat, suara ilang, jadi kalo ngomong cuma pake bahasa isyarat, ngomong sih ngomong tapi suaranya ya ga ada,
"Na, lu ngomong apaan sih? Ga ngerti gue," saking suaranya bener-bener ga ada.
Seumur hidup baru ngerasain suara ilang, dulu suka ngeledekin orang kalo suaranya ilang hahaha, eh taunya kealamin sendiri. Ko jadi curhat.

Beres packing aja sekitar jam setengah dua belas malem, kereta jam tujuh pagi,
"Tidur lu! Lu kan susah bangun," kena omel lagi hahahaha.
Belum lagi dia takut macet, takut jauh. Si Beki ini ga tau aja kalau di Bandung itu deket kemana-mana, macet juga ga akan macet-macet banget, ke stasiun dari rumah aja paling lima belas menit aja kalau pagi. Dia ga percaya, terserah.
Paginya, Alhamdulillah sampe stasiun ga kesiangan, malah keretanya aja belum dateng, baru deh tuh si Beki percaya kalo di Bandung mau kemana-mana ya tenang aja. Beli sarapan dulu, Hokben, padahal ga beli sarapan juga ga masalah sih, soalnya di kereta juga jual makanan, dan harganya murah juga, sampe sepanjang jalan, jajan melulu,
"Murah tau, Na, segini mah ya."
"Iyalah, daripad lu turun dari kereta, cari warung."
Nungguin kereta dateng lumayan aga lama, soalnya kita emang datengnya pagi banget, kita berdua kan didikan smavo yang kalo dateng kalo bisa sebelum satpam dateng bukain gerbang kita harus udah dateng. Banyak orang foto-foto, eh si Beki juga pengen ikutan foto.
"Na, gue mau foto juga dong, fotoin."

Pengen foto banget depan tulisan BANDUNG

Kereta dateng, beramgkat jam tujuh. Ga lupa berdoa dulu, eh ternyata duduk deket orang pacaran, belakang Ibu-ibu jutek yang bawa keluarganya dan ribut banget, masyaAllah, pidosaeun. Sepanjang jalan yang banyak tidur ya si Beki, dia suka ngata-ngatain,
"Lu kan tukang tidur, Na." Padahal dia juga sama.
Keuntungan naik kereta daripada naik bis adalah cepet, pemandangannya bagus, dan bisa lewatin rumah kakek (naonnnn). Seneng deh si Beki naik kereta, apalagi kalau ajak anak kecil, kayanya lebih seru kalau naik kereta.'

Sampe di Yogya harusnya 14:20, Alhamdulillah tepat waktu juga, sebelum turun dari kereta aja sibuk cari makanan, makan apa ya, makan apa ya. Makan soto sulung akhirnya di Stasiun Tugu, nasinya teh kecil banget, nambah lah ya, eh si Beki mah makannya cuma sotonya doang, ga ngerti lagi sama orang ini. Yogya hari itu hujan, tapi tetep aja MasyaAllah, panaaaaaaaasssss. Nah, hari pertama kita nginep di Klaten, rumah sodaranya beki, dari Yogya ke Klaten emang lumayan jauh sih, tapi cukup naik kereta aja setengah jam dengan harga enam ribu lima ratus rupiah, murah. Sampai di Klaten dijemput sama sodaranya Beki, begitu sampai, langsung mikir, ini Klaten ko sepi banget ya. Dengan suara yang masih ilang, Klaten sepi banget, pengen ke Bandung lagi masa hahahaha. Besoknya baru kita berencana mau ke Borobudur, caranya gimana? Naik angkutan umum! Nginep semalem, paginya siap-siap ke Yogya lagi, liat kehidupan Klaten di pagi hari, tetep aja masih sepi. Ini kayanya bakal jadi kota tersepi, malah perasaan lebih sepi dari Kiluan, walaupun Kiluan ada di ujung Lampung tapi di Kiluan kerasa rame daripada Klaten yang ga dipelosok. Mungkin itu cuma perasaan, ga boleh banyak pake perasaan.

Naik kereta lagi dari Stasiun Klaten, karena buru-buru jadi ambil kereta tercepat yang bakal dateng, harganya dua puluh ribu, bedanya apa lupa. Selama di kereta ngantuk banget, mungkin efek obat batuk. Sampe Yogya dan mau titip barang-barang di tempat nginep, kita nginep di Setia Kawan Losmen yang deket banget dari Stasiun Tugu, karena ga tau, kita tadinya mau naik becak.
"Neng, becak, Neng."
"Iya, Pak, ke Setia Kawan Losmen."
"Gausah naik becak! Jalan kaki aja! Tuh Deket!" Si bapak becak malah marah-marah, ampun dah pak.
Sampe di Setia Kawan, langsung check in walaupun belum jam dua belas, soalnya kamarnya udah kosong, baiklah. Di Setia Kawan ini rata-rata yang nginep WNA semua, pas check in juga orang Indonesianya cuma kita berdua, padaha dia letaknya juga di gang. Taro barang, ganti baju, siap-siap ke mana? BOROBUDUR! Dari Setia Kawan sebenernya ada paket juga buat ke Borobudur, tapi kan pasti seru kalau ke sana gausah pake paket-paket gitu, modal kita cuma informasi dari internet dan nanya. Dari mulai nanya ke resepsionis sampe penjaga Trans Yogya. Berhasikah kita ke Borobudur? Ntar lagi ceritanya, pegel hahahaha.





 Beki ketemu sodara

Ngantuk, Bang.

Share:

0 comments