Di Pangandaran Itu Ada Citumang.

"Aku mau ikut asal ke Citumang atau ke Green Canyon!"
Kata-kata ancaman, sosoan ngancem padahal kalo ga ikut juga orang bodo amat kali hahaha.

Menurut waktu janjian, katanya jam sembilan udah di kampus, supaya jam sepuluh udah berangkat, supaya sampe Pangandaran subuh dan bisa liat sunrise, begitulah kata orang yang dituakan di liburan kali ini, Bang Tumpal Siregar. SIP. Datang jam sembilan kurang, ternyata orang yang paling pertama datang, nunggu di pos satpam. Kalem da aku mah anaknya setia menunggu, asal menunggu yang pasti. Akhirnya jam 23:34 baru berangkat dari pom bensin Arcamanik, semoga dapet sunrise! Eh ini mau kemana, sih? Ke Pangandaran, pantai kesayangan rakyat Jawa Barat.

Alhamdulillah perjalanan lancar, ga macet, dan akhirnya sampai di Pangandaran mungkin setengah enam pagi kurang lah. Langsung menuju pantai timur buat liat sunrise. Subhanallah bisa liat sunrise di pantai, jangan lupa sunrisenya difoto, lalu dishare, siapa tau ibu dan ayah di rumah tahu kalau anaknya lagi di pantai. Foto-foto sunrise sekalian nungguin Apadel semoga muncul dari laut (nah kan mulai Apadel hahaha, maapin ya ini cuma becanda).

Nungguin sunrise


Selesai liat sunrise, waktunya apa coba? MAKAAAAANNNN! Hidup ini apa jadinya kalau ga banyak makan. Sarapan dan sebagian lagi cari penginapan. Bingung juga cari sarapan di Pangandaran tapi ya yang pasti sih menu sarapan pasti gitu-gitu aja, nasi kuning atau nasi uduk, bubur, dan menu sarapan lainnya. Sebagian ada yang milih makan bubur, ada yang minum kelapa muda, ada yang sarapan sawo, ada juga gorengan, kalau aku sih ikut mami Ateu aja deh, soalnya dia mamah selama liburan jadi harus diikutin, biar ga dibuang di Pangandaran. Ateu makan mie, asik makan mie! Pesennya sih satu mie goreng telor dadar, dua mie rebus pake telor. Pas dateng, semuanya yang dateng mie goreng pake telor ceplok, okesip ga apa-apa yang penting masih bisa dimakan. Waktu sarapan cuma sampe jam delapan, jam delapan waktunya ke penginapan buat istirahat. Sebelum ke penginapan jangan lupa makanannya dibayar.
"Ibu mau bayar. Mie goreng pake telor satu sama akua satu."
"Jadi tujuh belas ribu, A."
APA BU? IBU NGIRA SAYA AA AA? NUHUN.
Sedih juga dibilang aa aa, cerita ke temen-temen, terus mereka ngetawain puas banget.
"Udah biasa kan, Res, dibilang gitu?"
Udah biasa sih emang tapi tetep aja suka sedih. Makasih, Bu, mienya enak.

Penginapan kita ada di deket pantai barat. Tadinya sih ga ngantuk, ternyata setelah makan kenyang cape juga ya, jadi pengen cepet-cepet tidur. Kita dapet penginapannya yang berbentuk rumah, ada beberapa kamar, pake AC, dan Alhamdulillah dapetnya yang ada warungnya, karena jajan adalah nomor satu. Di Pangandaran kalian bisa milih mau nginep di penginapan yang rumah penduduk atau hotel, kalau ramean sih enakan di rumah penduduk soalnya jatohnya pasti lebih murah. Udah sampai di penginapan, males mandi ternyata, dan masih maksa-maksa orang buat ke Citumang atau Green Canyon. Ngehasut orang buat ke Citumang dengan alasan, "sayang banget kalo cuma ke pantai doang." HAHAHAHA. Dan akhirnya Bang Tum, tidur dulu baru nanti siang ke Citumang. YEEEE!!! Berhubung ngantuk tapi susah tidur maka satu-satunya solusi adalah minumlah antimo. Tidur deh nyenyak.

Sebelum jam dua belas udah kebangun, siap-siap, jam dua belas keluar penginapan, makan siang di pantai timur terus menuju citumang. Hal yang wajib kalau ke Pangandaran makannya di pantai timur, surga buat yang suka banget seafood. Abis tidur ternyata lapar terus pas makan akhirnya makan banyak dan nambah. Maaf temen-temen, aku makannya emang banyak. Nyaaaammm. Makan kenyang, efek antimo masih ada, masih ngantuk, tapi semangat kan soalnya jadi ke Citumang. Bismillah, main air.

Muka lapar dan setelah makan

Jalan ke Citumang itu searah sama ke Batu Karas dan Green Canyon, kalau bingung, pake Waze, atau tanya aja ama orang, ga akan nyasar ke Bandung lagi, dijamin. Ga terlalu jauh ternyata ke Citumang tapi ternyata jalan ke Citumang itu jalannya sempit, pertamanya sih kanan kiri sawah, lalu mulai masuk kaya mirip-mirip hutan gitu dan jalannya juga mulai batu-batu doang. Buat yang mau ke sini mendingan pake mobil pribadi aja dan diusahakan jangan sedan juga dan inget kalo pulang jangan kemaleman, kebayang gelap, dan pasti sepi banget. Sempet mikir sih, ini kan Citumang udah mulai rame dan banyak yang datang, tapi fasilitas menuju ke Citumangnya masih aja jelek. Ampun.

Sampe di Citumang udah lumayan sore sih, setengah tiga apa jam tiga, sekitar segitulah. Daritadi pengen ke Citumang, emang ada apaan sih, Res? Jadi, Citumang adalah sebuah sungai dan kegiatannya di sana itu adalah body rafting. Kalau cuaca lagi bagus dan ga hujan, airnya biasanya jernih banget, tapi sayang pas ke sana katanya kemarinnya habis hujan jadi ya ga jernih. Tapi ga apa-apa. Kalau mau body rafting di Citumang kita harus pake pemandu. Harga body raftingnya pertamanya dia nawarin seratus ribu perorang termasuk makan. Tapi kan kita abis makan, jadi setelah tawar sana-sini dan tanpa makan, perorang harus bayar lima puluh ribu rupiah. Baiklah. Lama body raftingnya sekitar satu jam. 

Untuk mulai body raftingnya kita harus jalan dulu, sekitar lima ratus meter lah, pemanasan. Jangan lupa foto dulu di depan gerbangnya, hahaha. Sebelum mulai body rafting jangan lupa berdoa ya, supaya semuanya lancar. Aamiin.
RAFTING DI MULAI!
Rute pertamanya adalah ke gua kecil dan sebelum masuk gua ada spot buat loncat, gatau sih itu berapa meter, lima meter lebih ada mungkin, pas dateng udah ada aa aa di atas yang masih takut loncat, temennya udah pada nungguin di bawah. Akhirnya jadi suporter aa aa dulu supaya berani loncat.
"Loncat aja, A, Bismillah!"
"Kalau takut teriak aja, A!"
Ngomong mah emang gampang, pas di atas mah mau loncat emang takut, padahal di bawah juga air bukan tanah. (Pengalaman mau loncat di Jembatan Cinta Tidung, nungguin sejam hahaha). Akhirnya aa aa loncat dan masih sehat. Giliran temen-temen yang pada loncat, akhirnya ga ada yang lama mikir. Keren, siapa dulu, anak akuntansi.

Beres loncat, liat batu bodas ke gua, bagus ga? Jawabannya ya begitulah. Dari gua, kalau kata abang-abangnya sih guha, saatnya mengarungi jeram. Asek hahaha. Si Resna sosoan paling di depan, seneng main air, pas ada jeram yang diloncatin tetep pake mikir, padahal itu air, tapi tenang, Resna tetap pemberani, muji diri sendiri lagi hahaha. Jadi buat sampai di finish itu pastinya kita main air dan ada beberapa jeram/spot yang buat loncat, ada juga tali yang dijadiin buat gelantungan dulu kaya si Tarzan baru loncat ke air. Seru? SERU BANGET! Di bagian air yang tenang juga kita bikin kekeretaan (gatau disebutnya apa) biar kita kebawa arus ke depan. Ada beberapa jeram yang aga tinggi dan biasa aja, kalau kalian ga berani loncat bisa juga lewat pinggir, cuma kalau kata si abang-abangnya sih, 
"Udah di sini udah tanggung, mending juga loncat." ADEK RESNA SETUJU BANG!
Sebelum finish juga ada satu spot buat loncat dari ketinggian 12 meter, abang-abang Citumang dan Pak Yusup yang nyobain, jagoan. 

Ga kerasa sih tiba-tiba udah jam setengah lima lagi pas di finish. Selama body rafting tadi sempet nanya-nanya ke abang-abang Citumang tentang Citumang ini. Ternyata Citumang ini dikelola sama Perhutani dan kalau musim liburan kalau mau ke Citumang harus telepon dulu, soalnya takutnya keramean kaya pasar. Dan selain Citumang juga silahkan cobain ke Santirah, river tubing. Begitu. Finish duluan bareng Ateu dan langsung mandi, lapar juga ternyata, ada warung kecil dan ada pisang goreng anget, Alhamdulillah. Beres semua mandi langsung pulang supaya ga kemaleman. Seneng dari Citumang di mobil langsung ngantuk dan nundutan hahaha.

Ke penginapan lagi, malem cari makan, yang lain makan nasi goreng, eh ini malah makan mie lagi. Mie pake telor (tetep dibuatinnya telor ceplok) dan jangan lupa juga pake nasi, supaya kenyang. Mie kedua di Pangandaran, enak dan kenyang. Abis makan bingung nih mau kemana, tadinya mau karaoke cuma penuh banget sampe jam dua belas. Ada yang pulang ke penginapan, aku sih ikut Ateu aja deh nyusulin suaminya, Bang Tum, dan A Ferdi lagi pada minum yang seger-seger. Mereka minum yang seger-segernya di pinggir jalan di pantai barat dan di tempat mereka minum seger-seger itu ada pasir, setelah dipikir-pikir, ke pantai ko belum main pasir, terus kenapa ko ga kedengeran suara ombak. Yang lain pada minum-minum, aku sih main pasir aja di pinggir jalan juga ga masalah, namanya juga di pantai, ya wajib main pasir lah. Terus nanya ke Bang Tum ko ga kedengeran ombaknya, eh malah disuruh liat sendiri ke pantai, kan gelap kali Bang Tum. Heloooooo. Ngomong-ngomong si Apadel belum juga dateng, cedih. HAHAHA.
Pulang ke penginapan, eh si Bang Tum langsung tidur, ketua geng kecapean kali yah. Sebagian main kartu, sebagian ngantuk. Ngantuk sih bener, tidur aja lah ya. Tapi beberapa detik kemudian Apadel datang akhirnya Apadel. WKWKWKWK, muak lama-lama orangnya. Rencananya besok ke Batu Karas atau Pasir Putih, bebas lah, yang penting udah ke Citumang. Hahahaha. 

Bangun jam enam. Keputusannya ke Pasir Putih, snorkeling cenah. Dikasih waktu sampe jam delapan buat cari sarapan, ikutan ciwi-ciwi ah sarapan bubur, soalnya Ateu masih tidur. Bubur yang lumayan ngenyangin, sembilan ribu rupiah. Ateu titip makanan, nemu batagor, pesen tiga porsi buat Ateu, Bang Tum, dan Abang. Eh ternyata Bang Tum dan Abang mau nyusulin yang main bola, akhirnya satu porsi batagornya dimakan juga sama si Resna, rakus. Nyebrang ke Pasir Putihnya mah akhirnya jam setengah sembilan lebih lah. Nyebrangnya pake perahu, walaupun suka ke pantai, tetep aja gasuka yang namanya naik perahu, tapi Alhamdulillah lautnya lagi tenang-tenang aja, jadi ga berasa gitu haha. Nyebrang ke Pasir Putih juga paling cuma sedetik. Kegiatannya snorkeling, tapi berhubung udah pernah snorkeling di beberapa tempat yang bagus di Indonesia (Congkak abis si Resna, sombong! IYA MAAPIN), dan tau Pangandaran itu kaya apa, jadi si aku mah ga ikut snorkeling ah, ga sanggup kecewa, takut si Pasir Putih Pangandaran php, php kan sakit yah wkwkwkwkw. Curhat muluuuuuuu. Ga ikut snorkeling jadi cuma duduk-duduk aja di pinggir pantai sambil bilang ke Ateu,
"Ateu pengen foto sama Apadel." HAHAHAHA. (Kebanyakan ketawa ih).
Pasir Putih hari itu kaya Gasibu hari Minggu, rame, paciweuh. Pasir Putih itu termasuk ke dalam cagar alam, banyak monyetnya yang galak-galak, mungkin karena jarang ditengokin si Bang Tum kali ya jadi galak. Di sini ga boleh ada yang jualan dan ga boleh juga bawa-bawa pasir buat oleh-oleh ke rumah. Beres snorkeling, pulang ke penginapan, mandi, soalnya harus check out jam dua belas siang.

Pulang ke penginapan, yang lain mandi, aku sih udah mandi jadi makan mie ayam aja sama Ateu, ini makan mie ketiga di Pangandaran dan rasanya mulai enek. Ngomong-ngomong dari jam tujuh sampe jam sebelas udah makan seporsi bubur, batagor, dan mie ayam, suatu prestasi. Beres-beres, check out, pulang ke BANDUNG! Sedih ya kembali ke kenyataan tapi seneng juga sih soalnya sedetik keluar Bandung aja udah kangen Bandung. 

"Untung si Resna maksa ke Citumang kalau engga mah garing pisan kayanya."
"Iya, kemarin paling seru mainnya."
Komen dari Bang Tum dan Abang Bosman. Begitulah Bang Tum, lain kali kalu harus percaya sama aku, lae!" HAHAHAHA. Makasih loh komennya.
Bosen ke Pangandaran? Tenang, Pangandaran bukan cuma pantai aja kok, ada Citumang, Green Canyon, atau Santirah, dan pasti nanti bakal ada lagi tempat-tempat yang baru selain pantai.
Di setiap liburan pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil atau setiap liburan pasti ngajarin kita sesuatu. Pesan dari liburan kali ini, walaupun emang bosen ke Pangandaran, tapi sebenernya ke suatu tempat itu bukan selalu tergantung sama tempatnya, tapi tergantung sama siapa kita perginya. Ciyeeee. Terus juga jangan makan mie kebanyakan, pulang dari Pangandaran, liat bungkus mie aja rasanya pengen muntah. Kasian. Ada sih satu lagi pesennya, tapi gamau ah tar pada tau rahasia hahahaha. Terima kasih liburannya, sampai jumpa di Citumang lagi kapan-kapan.
Assalamu'alaikum!

Selamat liat foto-fotonya!

"I love you like I love the sunrise in the morning." Polyester Embassy



Foto wajib di depan gerbang


























Loncat pertama!

YEEEEE NABIHA! 

TUMPAL STEVANUS (Ini abang-abang yang punya travel)


ORAY-ORAYAN!

Foto dulu lagi sebelum loncat 




Si aku sekarang dan yang kanan waktu kecil.



YEEEEEEEEE!



Jalan menuju dan pulang Citumang.

Mami selama di Pangandaran. LOVELOVE!

Tau si Apadel dulu pas pertama uru, jago banget renangnya. Beneran.

SEBAGAI PENUTUP. BIASA AJA DONG MUKANYA! HAHAHAHAHAHA










Share:

0 comments