KOPI SUSU BANDUNG

"Oh cahayaaa, akhirnya kita sampai jugaaa.
Temukannyaaa, pijarnya pun dibagi rataaa."

Akhirnya kita sampai juga pada postingan kopi susu Bandung dikumpulin jadi satu. Kenapa dibuka dengan lirik lagu? Ya ga apa apa juga sih, hahaha. Postingan ini bakal berisi seputar perkopisusuan di Bandung, bakal terus bertambah isinya dan terus diupdate biar semakin selalu kekinian (naonnn). Disclaimer dulu nih, isi postingan ini rekomendasi pribadi yaaa. Mari kita mulai dengan Bismillah.

1. DREEZEL


Dimulai dari yang paling saya suka, Dreezel. Kopi susu yang menurut saya sih perpaduan kopi, susu, dan gulanya paling pas se-Bandung Raya, serius. Tempatnya outdoor di pojokan jalan daerah Cisangkuy, udah paling pas kalau buat nongkrong lama-lama sambil ngopi dan ngobrol bareng temen-temen, paling cocok juga kalo updatenya pake #KopiSenja hahahaha. Yang paling terkenal di sini adalah Cold Brew White (CBW), harganya 20 ribu rupiah. Review lengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Cisangkuy No.56
Harga: 12k - 25k
Jam buka: 08.00 - 21.00


2. KOZI


Lokasinya ada di beberapa tempat di Bandung, tapi yang paling sering saya datangi di Bandung Creative Hub. Pertama dateng ke sini saya tanya sama baristanya apa yang jadi signature di Kozi, Kosangsu katanya. Kopi-pisang-susu, jadi perpaduan antara kopi, susu, dan sirup pisang, begitulah kira-kira menurut kesotoyan saya, jadi rasanya ada pisang-pisangannya, tapi ga begitu dominan si rasa pisangnya, pokoknya pas. Sampai sekarang setiap ke Kozi saya pesennya pasti kosangsu, kalo bisa kalian pesennya dua, biar ga kentang. Harga kosangsu 20 ribu rupiah. Review lengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Bandung Creative Hub, Jalan Laswi No.7
Jalan Bukit Dago Utara II No.28
Jalan Gudang Selatan No.22
Harga: 18k - 30k (khusus kopi)
Jam buka: 09.00 - 20.00 (untuk di Bandung Creative Hub)


3. BAHAGIA KOPI


Kedai kopi yang saya sebut kedai kopi pertemanan, pas lagi ke sini ada aja yang ketemu temennya, termasuk saya sendiri dan temen saya yang ke sini malah ketemu temen-temen lain secara gak sengaja, jadi deh bahagia ketemu temen-temen, mungkin itu juga kali ya kenapa dinamain Bahagia Kopi (yahhh, sotoy deh mulai, maaf ya saya sering sotoy anaknya). Di sini ada dua kopi susu yang terkenal, es kopi susu bahagia dan es kopi susu semangat. Es kopi susu bahagia itu pake madu, kalau es kopi susu semangat pake gula aren. Kalo saya lebih suka sama es kopi susu bahagianya. Harga kedua es kopi itu 17 ribu rupiah, bikin bahagia kan? Review lengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: The Saparua, Jalan Ambon No.15
Harga: 15k - 25k
Jam buka: 09.00 - 21.00


4. UNCOFFEECIAL


Ini yang tergolong baru nih saya cobain, pas banget baru seminggu yang lalu. Rasa kopi susunya enak, lebih creamy sih ya kalo menurut saya. Harganya 15ribu tapi setelah kena pajak jadi 17ribu. Tempatnya yang gak saya sangka-sangka ada di mana, di Siete Cafe. Tapi, pas lagi nulis ini saya iseng buka instagramnya, katanya mereka bakalan tutup tanggal 10 April 2017, kenapa? Saya gatau, jadi sebelum bubaran, mangga dicobain.

Lokasi: Jalan Sumur Bandung 20
Harga: 15k (untuk kopi susunya, yang lain ga merhatiin maaf)
Jam buka: 11.30 - 24.00


5. KEDAI KOPI KULO



Baru update lagi yaaa, setelah setahun (?)
Kedai Kopi Kulo konsepnya emang sepertinya dibuat cuma untuk orang-orang pesen - take away, karena setiap kedainya emang kecil dan kurang cocok buat berlama-lama, tapi saya sih suka-suka aja. Yang paling sering saya pesen di sini adalah Coffenade, es kopi (espresso) dicampur air tonik dan ditambah lemon, segerrr. Paling seger diminum kalo habis makan siang, mencegah ngantuk. Selain Coffenade saya sering pesen Es Kopi Kulo, ini sih es kopi susu, dan kalo kata Devika sih yang wajib cobanya juga Avocatto (alpukat + espresso + eskrim. Met coba! Lengkapnya sila baca di sini yaaa.

Lokasi: Jalan Soka No. 4 (09.30 - 20.30
Jalan Progo No. 25 (10.30 - 20.30)
Jalan Ciumbuleuit No. 20 (10.00 - 20.30)
dan beberapa tempat lainnya.
Harga: 12k - 27k

Sekian dulu ya, daftar kopi susu di sini akan terus bertambah. Salam hangat selalu.

Share:

0 comments