REVIEW: The 6th International KAMPOENG JAZZ


Assalamu'alaikum!
UNPAD selalu punya deretan acara yang keren-keren dari tiap fakultas atau jurusan. Ada ESPOSE yang acaranya anak ESP, ada PASIFIC yang kemarin diadain BEM FEB, ada EYEGASMIC yang pernah diadain sama FK, ada SYMPHONESIA yang acaranya anak HI, Alhamdulillah ya jadi anak UNPAD, hahaha, dannnnn satu lagi yang baru saya datengin hari Sabtu kemarin, tidak lain tidak bukan The 6th International Kampoeng Jazz. Sedikit tentang Kampoeng Jazz, KJ pertama kali diadakan oleh BEM Fakultas Hukum UNPAD tahun 2008 dan sampai sekarang menjadi acara rutin anak-anak FH. Kampoeng Jazz terus tumbuh dari tahun ke tahun dan Graha Sanusi (Granus) adalah tempat pertama yang dipakai untuk acara KJ. Karena dari tahun ke tahun acaranya semakin keren dan makin banyak orang yang datang, jadi seluruh UNPAD Dipatiukur dipakai untuk acara KJ ini dengan main stage yang selalu ada di parkiran utara UNPAD, tepatnya di depan Granus, anak UNPAD pasti tau lah ya hehe. Dari tahun ke tahun juga makin banyak bintang tamu yang keren-keren, bukan cuma dari Indonesia, bahkan banyak bintang tamu dari luar juga yang bikin KJ jadi acara tingkat internasional juga, ini nih deretan bintang tamu tahun-tahun sebelumnya, MYMP dari Filipina , Barry Manilow , Tompi , Gilang Ramadhan Trio menampilkan budidaya , Gugun Blues Shelter,Tahiti 80 dari Prancis , Sabrina dari Filipina , Dira Sugandi , ESQI : EF , Yovie Widianto Fusion, Sondre Lerche, Tetsuo Sakurai, Trio Lestari feat Fariz RM Indra, Chaseiro, Andien. Keren kan. (Sumber: http://fh.unpad.ac.id/kj/)

Kampoeng Jazz 2014 kemarin sebenernya sempet tertunda gara-gara pemilu dan akhirnya tanggal 3 Mei 2014 kemarin anak-anak FH sukses mewujudkan Kampoeng Jazz yang masih bertempat di UNPAD. Line up artist nya ga kalah sama KJ yang kemarin-kemarin. Ini line upnya, Renee Olstead, Tortured Soul, French Kiwi Juice, Tompi ft. Monita, Krakatau (Reunion), Maliq & D’essentials, RAN, Tulus, The Groove, Adhitia Sofyan, SORE, KSP Band feat Mus Mujiono & Ari Pramundito, Yura, Tesla Manaf, Chris Stanley Quartet, Jazzy Juice ft. Ammy Kurniawan, Satura ft. Agis Kania & Puspallia Panggabean, dan gak ketinggalan PSM UNPAD. Karena adanya pemilu dan ditunda saya sempet mikir mau jual aja ah tiketnya, tapi dipikir-pikir yaudalah, akhirnya ga jadi jual tiket, Kahitna yang tadinya ada di daftar line up artist dan setelah penundaan itu akhirnya mereka gajadi tampil di KJ, tapi ga apa-apa juga karena line up artist yang baru ga kalah keren, paling keren dan bikin saya pengen banget dateng soalnya ada SORE! Hahaha. Oh iya, tiket KJ yang saya beli ini kalau ga salah tiket presale kedua yang harganya 100 ribu, harga 100ribu sebanding kan sama line upnya dan OTS itu 150ribu.

Saya dateng ke KJ seperti biasa dengan rombongan ditambah lagi si Sarah dan temennya yang jauh-jauh dateng juga. Dengan line up yang keren-keren semua, sampai Maliq aja di rundownnya jam dua siang. Sesuai pengalaman waktu PASIFIC yang ketinggalan Hivi! kita gamau sampai ketinggalan Maliq lagi dan Alhamdulillah pas kita dateng Maliqnya belum on stage. Lagi-lagi karena line up artist yang banyak, venue KJ dibagi dua, ada Lounge yang letaknya di panggung Bale Rumawat dan Main Stage yang ada di area parkir utara UNPAD. Maliq on stage di Main stage jam dua, begitu datang kita langsung menuju main stage, ga nunggu begitu lama akhirnya Maliq on stage juga dan dibuka dengan Dunia Sekitar. Udah lama banget ga liat Maliq, Lale makin ganteng aja dan Indah rambutnya sama kaya saya (Hahahaha penting banget lo, Res). Setiap nonton Maliq selalu seru, mereka juga bawain Terdiam, Drama Romantika, Setapak Sriwedari, Dia, Heaven, dan kalau ga salah ditutup dengan Pilihanku atau Terlalu ya, lupa maafin hahaha. Setelah Maliq terus dilanjut sama RAN yang masih di Main Stage juga. Begitu RAN naik cewe-cewe seperti biasa langsung histeris manggil-manggil nama Nino dan Rayi, kalau saya histeris liat Asta, hahaha. Penampilan RAN dibuka dengan SEPEDA, Fahmi yang seorang Ranners langsung semangat ikutan nyanyi, bahkan di sepanjang lagu, dan kalau RAN bawain lagu yang kita kurang hapal judulnya cuma tau lagunya, pasti langsung nanya,

"Mi, ini judulnya apa?"

Selain Fahmi yang semangat nyanyi, gatau kenapa si Rezy juga ikut-ikutan semangat banget ikut nyanyi pas RAN on stage, apalagi di lagu Begitu Saja, kebetulan saya ngerekam pake HP dan kedengeran banget suaranya Rezy yang nyanyi setengah teriak. Kebetulan saya kayanya baru denger lagu Begitu Saja atau mungkin ga ngeh kalau pas lagi dengerin ternyata itu lagu RAN dan kayanya langsung jadi lagu favorit buat saya hahaha.

"...Tak sedetik ku menduga
Kau dengan yang lain
Tiada ku sangka
Tak ada tangis, Saat kau pergi
Begitu saja
Terima kasih, kau tlah mendua
Silahkan pergi dari, hidupku"

Penonton semakin antusias ketika RAN duet dengan salah seorang penyanyi kesayangan dari Bandung, Tulus, dengan membawakan Kita Bisa. Dibanding Maliq, RAN bawain banyak lagu dan ditutup dengan Pandangan Pertama. 

Dilanjut lagi dengan The Groove yang masih di on stage, tapi banyak penonton di barisan depan yang bubar karena Tulus juga on stage di jam yang sama di Lounge. Oci dan Sarah termasuk orang-orang yang bubar dari barisan depan buat menuju Lounge dan saya sama yang lain memutuskan untuk nonton The Groove. Walaupun kita masih tergolong muda hahaha, tapi kayanya yang di barisan depan pas The Groove on stage tuh rata-rata seangkatan saya, angkatan 90an yang besar sama lagu-lagunya The Groove udah pasti hapal. Teh Rieka tampil dengan gayanya yang khas begitu juga dengan Reza yang khas dengan (kalau boleh saya sebut) goyang lutut. Kalian pasti tahu kan kalau Reza di panggung dengan goyangnya yang khas. The Groove membuka penampilan mereka dengan Reuni dan ditutup dengan Khayalan. Dari lagu pertama sampai akhir penonton kompak bikin koor, udah bisa dipastikan kayanya yang nonton pada seangkatan saya semua. Lagi asik-asiknya liat The Groove ada Sarah sms,

"Gue nonton Tulus paling depan dong."

Maaf Sarah, ga sirik hahaha. The Groove beres yang di main stage rata-rata bubar untuk makan kayanya dan ternyata di Lounge itu penuhhhhhhhh bangeeeeeeeettttttttt. Sayang sih, coba Tulus di Main Stage. 

Break magrib saya dan yang lain duduk-duduk dan sebenernya pengen makan tapi bingung juga mau makan apa karena semua tukang makanan penuh. Setelah magrib sebenernya saya gatau lagi apa yang mau saya tonton selain SORE. SORE on stage jam 20.50, di rundown sih gitu. Saya, Rezy, Fahmi, Sarah dan Yule langsung sibuk menuju lounge karena takut ketinggalan SORE dan udah diniatin harus nonton paling depan. Yule ini temennya Sarah dan dia kerja di liputan6.com, dia masuk ke KJ dengan kartu pers, gratis, dan dapet id card media partner, ini yang bikin si Sarah tadi bisa nonton Tulus paling depan juga, dan saya dapet juga kartu sakti itu waktu SORE on stage, saya tepat di depan Ade. Hahahaha, Alhamdulillah.

Setelah saya banyak omong gitu ya kita pindah ke SORE. SORE on stage jam sembilan lebih dan disambut histeris sama penonton, Sorealist semua. Dibuka dengan No Fruits For Today, baru lagu pertama aja udah kedengeran koor penonton, dan saya seneng banget tentunya ada pas di depan Ade, foto sepuasnya. Dilanjutkan dengan Musim Hujan yang merupakan lagu baru dari SORE di album Sorealist. Lalu dilanjutkan dengan Somos Libres, Merintih Perih, di lagu Merintih Perih ini kebetulan Echa yang nyanyi dan Ade asik sambil ngerokok. Lalu Etalase yang dibilang Awan bahwa Etalase pernah mendapat penghargaan sebagai lagu jazz ter-(apa saya lupa hehehe), tapi Awan bilang,

"Kalau menurut kita sih biasa-biasa aja," sambil tertawa.

Setelah Etalase lalu Mata Berdebu, dan sedihnya ada dua lagu yang ga dibawain yaitu Lihat dan Pergi Tanpa Pesan. Kenapa saya tahu itu ga dibawain, karena ada di setlist yang saya dapet dari Ade, AKHIRNYA YA ALLAH TERIMA KASIH.
Sebelum ditutup dengan Funk The Hole, Sssst sukses bikin malem minggu saya berakhir bahagia hahaha. Menurut Awan, Sssst adalah lagu yang bikin SORE semangat lagi buat kembali ke dunia musik, buat manggung, buat bikin lagu lagi. Awan masih duduk di kursi rodanya, cepet sembuh. Sebelum ditutup saya udah sibuk liat setlist ada di siapa aja dan saya udah riweuh bilang,

"Ka setlist!"

Dan akhirnya Ade melemparnya untuk saya, sekali lagi terima kasih ya Allah, hahaha. Dan juga mungkin saya media yang paling riweuh karena selain moto-moto saya sibuk ikut nyanyi hahaha, malu-maluin, ga peduli lah. 

Setelah SORE kita istirahat, duduk, minum, dan ke Main Stage buat nunggu Tompi, tapi ternyata masih Tortured Soul yang on stage dan lumayan cukup lama juga nunggu Tompi. Seperti biasa kalau udah malem MC pasti bukan dari anak kampus, MCnya ternyata Adit Insomnia dan satu lagi saya lupa namanya yang jelas pemain sketsa juga. Tompi on stage sekitar 23.55, saya cuma liat Tompi bawain beberapa lagu ga sampai beres karena tumit udah mau copot rasanya, akhirnya pulang kerumah karena udah puas banget liat SORE.

Jadi, kesimpulan saya soal Kampoeng Jazz 2014 ini, KEREN! Buat kalian yang penasaran sekeren apam silahkan lihat instagram saya atau sering-sering baca blog saya hahaha. Kampoeng Jazz, makasih udah datengin SORE, SERU!!! Salam, Resna.


inilah kartu sakti mandraguna

Maliq & D'Essential

RAN feat. Tulus

Teh Rieka



Ade Firza Paloh

Awan Garnida



Ade, Echa, Awan, "The Left-handed" from SORE


 SETLIST DARI ADE! HAHAHA






Share:

0 comments