REVIEW: SORE @ PMKT XVIII Unpar


Setelah terakhir nonton ERK di acara CAPTWORE dan ga tau lagi kapan saya bakal nonton mereka lagi karena Cholilnya pergi ke Amerika, satu-satunya yang bikin move on adalah SORE. Ade Firza Paloh telah mengalihkan duniakuuu hahaha. Dannnn setelah ditunggu-tunggu, 
"Kapan ya Sore main di Bandung."
Akhirnya kemarin Sore main juga di Unpar, senengnyaaaa, sebelumnya terima kasih Fisip Unpar.

Acara tahunannya Fisip Unpar, PMKT, dengan penampilan andalannya yaitu kabaret yang selalu sukses dari tahun ke tahun, kemarin adalah acara mereka yang ke 18. Kalau soal acara gini Unpar buat saya sih keren, soalnya acaranya selalu gratis dan guest star nya pasti keren-keren. Seumur-umur dateng ke acaranya Unpar belum pernah bayar, saya beberapa kali dateng ke acara PMKT dan acara-acara Unpar lainnya terutama kalau ada ERKnya, semuanya gratis, keren. Acara PMKT XVIII kemarin guest starnya Mustache and Beard, Ttitik Awal, The Milo, dan Sore.


Dari jauh-jauh hari saya udah janjian sama si Devika buat wajib banget nonton Sore, dia sengaja datang dari Purwakarta nan jauh di mato ke Bandung. Di Twitter acaranya mulai sekitar jam lima sore dan Sorenya on stage sekitar jam sebelas, huhuhu, lama banget. Sebelum ke Unpar siap-siap makan dulu, sekitar jam delapanan baru menuju Unpar dan ternyata udah ada Santi di sana. Belum juga masuk Unpar udah ngakak banget gara-gara liat CRV yang mau masuk Unpar terus ada bapak-bapak yang naik di atas depan mobil itu sambil megang-megang wiper mobil, saya kirain lagi syuting atau dokumentasi acara, eh taunya dia lagi marah-marah gara-gara CRV itu nabrak orang, yang gatau yang mana ditabraknya, dan orang yang di mobilnya gamau turun. Ngakak iya, kesel iya liatnya, awas aja kalau sampe Sorenya ga main gara-gara orang berantem hahaha.

Susah juga cari parkiran saking banyaknya orang, saya kirain ga bakal serame itu, dan di pintu masuk juga cukup ngantri. Jadi acara PMKT tahun ini konsepnya kaya pasar malam gitu dan ada kora-kora ala-ala pasar malam juga. Sambil nunggu Sore sambil ngeceng juga hahaha dan datanglah si Rezy, lumayan lama sih nunggu Sore. Panggungnya ada di dalam GSG Unpar, kita masuk ke GSG pas Titik Awal mau on stage. Titik Awal menurut saya keren, bakal lebih keren lagi kalau vokalisnya ada yang baru. Cukup lama juga nungguin Sore, The Milo aja main setengah sebelas lebih hampir jam sebelas malah. Sekitar setengah dua belasan baru lah yang ditunggu-tunggu on stage, akhirnyaaaaaaaaa liat Sore juga. Senengnya berasa lagi ulang tahun.

Sedihnya, Awan lagi sakit apa gak tau saya kurang denger yang bikin dia harus duduk di kursi roda, get well soon. Dannn, seneng banget bisa liat Ade Paloh hahaha. Dibuka dengan No Fruits For Today, penonton langsung koor di dalam GSG. Baru awal-awal penonton udah minta Ssst, sat set sat set kaya ujian aja kalau kata Rezy, dan kata Awan kalau Sssst berarti udah mau udahan dong, ini pasti bakal jadi lagu penutup. Dilanjut dengan Musim Ujan, Apatis Ria, Merintih Perih Aku, Somos Libres, Mata Berdebu, Pergi Tanpa Pesan, saya menunggu-nunggu Setengah Lima, tapi ternyata mereka tidak membawakan dan ditutup dengan Sssst. Di setiap lagu terdengar koor penonton, ternyata Sorealist banyak juga, dan saya sendiri udah ga peduli, saya ikut nyanyi kadang setengah teriak-teriak saking semangatnya hahaha. Yang paling saya suka sih Musim Ujan dan Sssst. Di Sore, Awan yang lebih sering berbicara, berkomukikasi dengan penonton, menjelaskan tentang lagu, sementara Ade hanya banyak tersenyum, too cute! Oh iya, ada satu yang unik dari Sore, Ade, Awan, dan Reza semua bermain musik dengan kidal.

Seperti yang saya bilang, satu-satunya yang bikin move on dari ERK setelah sering lagi dengerin Sore. Menurut saya mereka tau apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka buat, musik mereka kuat dan berkarakter. Aduh sorry nih kalau sotoy hahaha. Ya pokoknya beda lah, band yang keren tuh ga neko-neko ga banyak gaya tapi keren, ya salah satunya Sore dan The Milo, yang sebelumnya sorry menurut saya belum keren, hahahaha, sotoy abis. Dan suara Ade juga berhasil mengalihkan dunia dari suaranya Cholil. Sama seperti Cholil yang ramah banget kalau dimintain foto, Ade juga sama ramah banget, begitu bubar dan ada penonton yang minta foto dia langsung meng-iya-kan dan langsung turun dari panggung. Walaupun Setengah Lima ga dibawain dan ditutup dengan Sssst, lagu yang bikin inget Kandang Badak, masih ada kesempatan buat nonton Sore besok di Kampoeng Jazz, bahkan niat saya kayanya ke KJ buat nonton Sore doang hahaha, Semoga di KJ bawain Setengah Lima dan harus dapet setlist! Amien.

Awan Garnida

Reza Dwi Putranto

Ade Firza Paloh

Share:

0 comments