TELUK KILUAN

Jalan-jalan yang sukses dan selalu jadi itu biasanya yang ga usah direncanain. Kali ini waktunya ke Lampung bersama SYASYU. Ini sebenernya ga direncanain sama sekali, awalnya malah mau liburan sendiri ke Ujung Kulon, terus dia ngajak ke Bromo tapi tiket habis, ujungnya yaudah Kiluan aja, sebenernya ini sekalian bantuin dia kerja juga sih. Gara-gara lo, Yu, liburan sendiri ga jadi.
"Neng, rai raka, nya?" ("Neng, adik kakak, ya?")
Itu komentar orang ga kenal pertama pas sampe di Leuwi Panjang. Bakal bosen denger kata-kata ini. Sebenernya ga tau itu siapa, liat kita jalan berdua langsung komen, bukan sekali dua kali aja sih, kalau jalan sama Syasyu siap-siap diliatin orang melulu,

Jadi, kali ini kita mau ke Kiluan. Pertama-tama kita harus naik bis tujuan Merak dari Leuwi Panjang Bandung. Menurut Mas Rezy sih Bandung-Merak itu paling empat jam lah, jadi sebenernya kita berdua aga santai. Dengan sotoynya rencananya berangkat dari DU jam empat, tapi akhirnya berangkat dari rumah dan kosan masing-masing sih setelah shalat Jum'at, makan dulu, Syasyu sebat dulu, akhirnya berangkat dari Leuwi Panjang menuju Merak itu sekitar jam empat sore. Menurut informasi dari Rezy kan empat jam, jadi bayangan kita jam delapan itu udah sampe di Merak, bisa makan-makan cantik dulu nunggu janjian sama orang jam sebelas, tapi ternyata jam sembilan masih di antah berantah, liat maps aja masih jauh, di bis udah mati gaya, dari mulai diem, ngobrol, komentarin orang, karokean, dengerin lagu di hp masing-masing, udah dengerin lagu dari lagu masa kini sampai masa lalu, dari lagu bahasa Indonesia sampai bahasa Sunda, masih belum sampe juga, dan ternyata kita sampe di Merak jam setengah sebelas, udah panik takut ditinggalin hahaha. Pengumuman aja buat yang mau ke Pelabuhan Merak tapi turunnya di Terminal Bis Merak, dari terminal ke pelabuhan itu deket, jalan kaki juga sampe, jangan ketipu disuruh naik ojek.

Sampai di Merak ternyata kita masih nunggu yang lain yang masih di jalan, rombongan kita kali ini dua puluh lima orang, tapi ga kenal semua. Tour Guide kali ini namanya Mba Schinta, jangan lupa pake c dan h. Lumayan sih ikut trip kaya gini, nambah temen. Geng trip kali ini adalah Mba Oca dan Mba Isti, lalu Kak Lilia dan Kak Karina, empat-empatnya baru kenal pas kita sampe di Merak, tapi ternyata Kak Lilia dan Kak Karina ini temennya si SYASYU di kampus, anak-anak depok. Dari mulai Mba Schinta, dan semua yang kenalan, ngira kita itu kakak adik, atau kembar, saking bosennya kita jelasin, lama-lama kalau ada yang nanya kita itu saudaraan apa engga, kita jawab aja iya. Hahaha. Untuk sampai di Lampung, kita harus naik kapal laut, feri kali ya disebutnya, ah kapal laut aja ya. Naik kapal laut selama tiga jam ke Pelabuhan Bakaheuni, kita berangkat sekitar jam satu atau jam setengah dua. Karena jarang naik kapal laut jadi ga tau persis keadaan pelabuhan itu kaya apa, dan ternyata MasyaAllah, rame bener, mau masuk kapal aga aga rebutan gitu, gimana kalau lagi musim liburan atau mudik, ga kebayang. Alhamdulillah juga dapet kapal laut yang bagus, bagus sekali kaya di pesawat, ini aga lebay dikit tapi beneran ko. Karena jarang naik kapal laut ya dan sebenernya ga suka naik kapal laut, perahu, jukung, apapun lah itu namanya, jadi harus minum antimo, sebenernya bukan takut mabok laut sih, tapi suka kebayang di tengah laut kalau kenapa-kenapa gimana, jadi buat yang takut, solusinya adalah minum antimo biar tidur, tau-tau sampe.

Jam lima sudah sampai di Lampung, oh ini ya Lampung. Dari Pelabuhan Bakaheuni ke Teluk Kiluan itu sekitar enam jam, kita naik mobil gitu yang satu mobilnya isinya enam orang, kebetulan semobil sama kakak-kakak yang udah disebutin di atas, nama supir kita adalah Mas Angga Y.Th. Nulisnya harus kaya gini, karena Mas Angga ini sungguh terhormat. Dari mulai pertama disupirin Mas Angga aja udah ngerasa ini orang aga-aga ngaco, hahahaha. Kenapa? Nyalip-nyalip seenak dia, kalau macet gamau ngantri, dan kalau jalan jelek ya seenak dia aja, kayanya dia mikir yang dibawanya itu beras bukan manusia. Suka kesel kalau di jalan liat mobil yang seenaknya, gamau ngantri, eh kealamin juga disupirin sama orang kaya gini, dan yang paling penting, Mas Angga ini kayanya orangnya super sibuk banget, sepanjang Bakaheuni - Kiluan, teleponan melulu, tutup, angkat telpon lagi, berulang, terus dia bisa berbagai bahasa, dari bahasa Lampung, Jawa, Batak, Batak Karo, sampe Bahasa Sunda. Yang paling lebih penting lagi, orang ini kayanya kenal sama semua orang dari ujung Bakaheuni sampai ujung Kiluan, itulah kenapa kita harus nulis nama Mas Angga pake Y.Th, "Yang terhormat." Tapi walaupun Mas Angga Y.Th ini aga-aga gesrek, tanpa Mas Angga kita ga akan sampai di Kiluan dalam waktu enam jam.

Teluk Kiluan itu adanya di ujung Lampung. Jalan menuju ke sana itu Subhanallah. Pertama kita bakal lewatin Bandar Lampung, terus dilanjut lagi dengan jalan yang disamping kiri kita itu pantai, pantainya tenang banget, ga berombak, kita juga sampet mampir di Pantai Klara buat makan pagi. Terus dilanjut lagi sama jalan yang belok-belok, harus tahan banting deh, kalau ga kuat sih saran mending minum antimo biar tidur aja, kaya Kak Lilia minum antimo dua. Setelah laut terus kaya daerah perkampungan gitu, sepi, jalannya masih jelek. Lama-lama di kanan kiri jalan rumahnya mulai rumah adat khas Lampung. Dua jam terakhir kita bakal ngelewatin jalan yang jelek banget, dan dibawa sama supir kaya Mas Angga, dari mulai kesel, sampe bodo amat, hahaha. Beberapa menit sebelum sapai di Kiluan, kita kaya ada di atas gunung, sebelah kiri kita itu jurang. Dannnn.

"Sampe, sampe, sampe."
Kira-kira gitu lah teriakan Mas Angga ngebangunin yang lain yang masih tidur. Waaaa, Alhamdulillah. Begitu sampai, cuacanya Subhanallah, mirip lah kaya Jakarta, malah kayanya lebih panas. Jadi, kalau diliat dari gapura selamat datang, Teluk Kiluan itu kaya sebuah danau. Foto-foto dulu lah ya setelah enam jam perjalanan bersama Mas Angga. Terus langsung menuju penginapan. Oh iya, di sini siap-siap aja kaya di gunung, ga ada sinyal kecuali simpati, itu juga timbul tenggelam. Jangan ngebayangin di sini ada hotel atau penginapan yang bagus, gak ada. Kita nginep di penginapan milik warga, namanya Pak Baam. Penginapannya itu kaya rumah kayu dan pas banget di pinggir pantai, tapi di sini ombaknya kecil banget, jadi kalau malem pas tidur itu ditemenin suara ombak, tapi sama sekali ga nyeremin.

Tujuan pertama adalah Laguna. Laguna itu kaya kolam renang alami yang ada di laut, nanti liat fotonya aja ya. Hahahaha. Di Laguna ini beda sama pantai yang tadi di deket penginapan, ombaknya gede banget. Menuju ke Laguna harus trekking dulu, naik-naik ke karang-karang di pinggir laut. Capek, tapi kebayar sama bagusnya Laguna. Pas sampe di Laguna masih cuma rombongan kita aja, jadi masih enak buat foto-foto. Di Laguna ini juga lumayan banyak ikannya, jadi bisa sekalian snorkeling, tapi hati-hati, tetep kerasa ombaknya. Hati-hati juga ada bulu babi. Kita ga bisa lama-lama di Laguna, soalnya kalau kesorean nanti jalan yang kita lewatin tadi itu bakal ketutup sama air laut yang pasang. Jadi kita cepet pulang dan main sampe puas di Pantai Laguna. Kita cuma diem di pinggir pantai dan nikmatin kena ombak, seneng banget nemu air. Menjelang Maghrib saatnya pulang.

Alhamdulillah juga sebenernya ga ada sinyal, kita bisa puas ngobrol tanpa sibuk sama gadget masing-masing, waktu tuh berasa. Sebenernya ini trip yang paling kasih sesuatu sih hahaha. Makan malam hari ini adalah ikan, tempe mendoan, kangkung, dan sambel, ini berasa nikmat banget makanannya, di pinggir pantai pula, dengerin suara ombak, dan sibuk ngasih makan dan ngajarin anjing di sekitar penginapan hahaha. Beres makan lalu kumpul di kamar, masih tetep sekamar sama kakak-kakak tadi. Kalau ajak Syasyu kemana-mana harus hati-hati dan jangan nanya yang aneh-aneh, pesan paling utama.
"Yu, ada sesuatu yang aneh ga, sih?"
"Ada, tuh di sebelah lo."
"Ih." (Panik langsung pindah ke samping Syasyu).
"Makanya lo gausah nanya yang aneh-aneh."
Dimulai sama Kak Lilia yang cerita tentang supir taksi yang penumpangnya kayanya hantu. Terus Syasyu cuma diem aja. Kalau Syasyu udah diem aja, harus paham apa artinya. Yang diceritain Kak Lilia itu dateng ke penginapan.
"Yu, dateng, ya?"
"Iya."
Ngeliat kita berdua aga aneh, Kak Lilia nanya.
"Na, lo kenapa sih? Takut ya?"
"Hmmm, engga sih, ini Syasyu kan bisa liat."
Dari situ mulai lah kita semua ngobrol yang aneh-aneh, Syasyu kadang diem aja. Kalau dia udah dien harus apa? Harus paham, itu berarti yang diomongin dateng semua. SIP.
Dari cerita yang aneh-aneh terus cerita macem-macem. soal keluarga, orang tua, soal pacar, soal kehidupan kita sama Yang Diatas. Lama-lama ngantuk dan akhirnya sisa Syayu dan Kak Lilia yang ngobrol.

Bangun subuh adalah wajib, karena kita mau liat lumba-lumba di tengah laut. Buat liat lumba-luma kita harus aga ke tengah laut dan naik jukung, jukung itu perahu kecil banget yang cuma bisa diisi tiga orang aja. Sekitar setengah enam lebih langsung menuju ke tengah laut dengan jukung masing-masing, sekarang di jukung sama Mba Ocha dan Mba Isti. Duduk di depan, lalu Mba Ocha, paling belakang Mba Isti. Dari jaman di Tidung, takut banget yang namanya naik perahu kecil, ya walaupun pake pelampung, ditambah lagi waktu di Karjaw, dua hari kemana-mana naik perahu kecil dan sempet ngalamin hujan di tengah laut, jadi di pikiran tuh udah kesimpen, "naik perahu itu menakutkan." Yang bikin takut tuh apa ya, naik kapal kecil, sejauh mata memandang cuma air, kadang ombaknya itu gede sampe badan kita basah kena ombak, kalau udah kaya gini langsung inget orang tua di rumah, kadang suka ninggalin shalat, udah langsung kepikiran yang aneh-aneh deh. Kalau ombak udah mulai gede langsung babacaan, hahahaha. Sampe diledekin Mba Ocha, katanya si Resna takut banget. Tapi asli deh emang yang namanya kalau udah di tengah laut dan cuma pake perahu kecil itu beneran takut. JADI CURHAT!

Di tengah laut, setelah muter-muter tapi ternyata lumba-lumbanya ga ada, sempet sedih gitu, dan ngajak bapak nelayannya pulang aja, saking hopelessnya. Tapi, seperti kata pepatah, jangan mudah menyerah, tiba-tiba kita ngeliat rombongan lumba-lumba. Biasa liat di Gelanggang Samudera kali ya, jadi kita semua pada heboh liat lumba-lumba langsung. Bingung nih mau ngambil foto pake apa, pake kamera atau hp, dua-duanya sama-sama takut basah, akhirnya sih pake kamera, susah pula ngambil fotonya, tapi lama-lama kepikiran, lah, Res, kenapa ga divideoin aja. Huhuhuhu. Akhirnya ada beberapa video lumba-lumba, kalau mau liat bisa liat di instagram @resnanadia (promosi). Puas liat lumba-lumba kita langsung ke Pulau Kelapa. Subhanallah ini pulaunya bagus, kalau di Karimun Jawa sih mirip Pulau Cemara Kecil. Bawah airnya bagus, pasirnya putih banget, airnya jernih, ombaknya kecil. Bikin betah, mirip kaya waktu di Cemara Kecil, gamau pulang. Dari rencananya ga akan main air, akhirnya malah masuk ke air, tau gitu pake baju yang aga cocok buat renang, ini malah cuma pake kaos. Kalau ke Kiluan wajib ya ke sini, kalau bisa yang lama aja di Pulau Kelapa karena bagus banget.

Pulang ke penginapan, lalu mandi, beres-beres, dan siap-siap pulang. Sedih sih, masih betah dan sebenernya yang bikin males pulang itu males balik ke dunia nyata, kuliah, kalau kata Syasyu sih cool-yeah. Tapi apa daya, kangen juga sama Bandung dan segala isinya. Pulang, artinya siap-siap lagi ngerasain perjalanan disupirin sama Mas Angga. Mas Angga gini dapet julukan Mr. Reckless dari Kak Karina. Sepanjang perjalanan sih samping kiri Mba Ocha tidur, samping kanan si Syasyu tidur, di depan tidur semua, cuma sendiri ga tidur sibuk liatin jalan, kadang kalau takut liat Mas Angga nyupir, bukan lagi tutup mata tapi tutup telinga. Bahagia itu katanya sederhana, versi bahagia itu sederhana kali ini adalah nemu Indomart, seneng banget bisa jajan. Dari Indomart ini masih sekitar satu setengah jam ke Bandar Lampung, kalau menuju Kiluan, ini adalah Indomart terakhir yang ada. Di Bandar Lampung kita bakal makan di Bakso Sony dan beli oleh-oleh di Yen Yen. Bakso Sony ini ternyata bakso yang pernah dibawa ayah, katanya dari temennya, dan waktu makan di Cibinong sih gatau kenapa sukses bikin enek. Tapi enak ko, kayanya harus makan di tempatnya langsung, soalnya gatau kenapa pas makan di rumah sih ga suka. Beres makan bakso, terus beli oleh-oleh, sebenernya males bawanya, tapi demi tante, Devika, dan mamah tercinta. Keripik pisang kepok dan kopi. Kalau kopi khusus buat ayah dan mamah yang hobinya minum kopi, pasangan kompak, terngopi. Oleh-oleh Lampung murah, kalian wajib beli, soalnya murah.

Dari Bandar Lampung ke Bakaheuni sekitar tiga jam. Jalannya sih bagus, tapi sopirnya gesrek. Disupirin Mas Angga itu kadang kaya main GTA. Kebayang kan kalo main GTA. Kanan, kiri dan yang di depan tetep tidur, terutama Syasyu yang ceneng banged cama bobo. Deket-deket ke Bakaheuni, jalannya macet dan lagi sistem buka tutup, tapi Mas Angga ini, melawan arus dan masuk ke jalan yang ditutup itu, kita semua yang ada di dalem mobil kayanya sama-sama ngerasa kesel, dan malu sama orang, malah si Mas Angga sempet ngeledekin orang yang ga berani ngelanggar aturan,
"Udah jangan takut, gitu aja takut, patahin tuh simnya."
Denger ini antara malu dan beneran pengen ngakak. Tapi kalau ga gitu, mau sampe jam berapa di Bakaheuni, makasih deh Mas Angga. Kita naik kapal laut yang jam setengah tujuh. Syasyu syakit, soalnya belum makan nasi, anak ini kalau ga makan nasi jadi sakit, kepala pucing. Kalau ngajak pergi dia, jangan lupa ya dikasih nasi. Jadi selama nunggu kapal dia minta dipijitin kepalanya dan begitu naik ke kapal, beberapa detik kemudian langsung tidur ga bangun-bangun sampe di Merak. Yang lain sibuk ngobrol, ngobrolin kerjaan, ngobrolin liburan, tapi Syayu, tetep tidur nyenyak. Kasian tapi kzl dia tidur melulu hahaha.

Alhamdulillah sampai di Merak jam sebelas setengah dua belas, lupa. Sempet mikir takut sepi di terminal, sampe Leuwi Panjang jam berapa, tapi tenang, Merak itu kehidupannya ga sesepi yang dibayangin. Dan sampai Bandung dengan selamat. Alhamdulillah, trip kali ini sebenernya termasuk trip yang paling berharga, paling banyak ngasih pelajaran. Dapet temen baru. Dari trip ini, segimana nyebelinnya orang tua, kadang kita suka beda pendapat sama mereka, kadang kita suka kesel, ada juga yang mungkin benci sama orang tua sendiri, tapi mau gimana pun itu, orang tua itu selalu jadi orang tua nomor satu sedunia buat setiap anak-anaknya. Assalamu'alaikum.

Seneng udah sampe ya, SU?