BALI #2 NUSA PENIDA

Hari kedua tujuannya ke Nusa Penida, mau snorkeling nengokin ikan dan keliling-keliling. Dari Nusa Ceningan atau Nusa Lembongan kita harus nyebrang pake kapal buat sampai di Nusa Penida, ya kalo mau berenang sekalian latihan open water mah mangga, sekilo aja. Jadi, kita hari ini pagi-pagi dijemput sama Bli (lupa lagi namanya) di Jembatan Kuning dan dianter ke spot snorkeling. Kita bakal snorkeling di empat tempat, Crystal Bay, Manta Bay, Gamat Bay, dan Toyapakeh. Sebenernya kepala masih agak-agak pusing sih, cuma kalo main air mah ya semangat.

Jam sembilan kita udah siap di Jembatan Kuning nunggu Bli yang jemput, kalau dijemput di sini buat nyebrang kita ga bisa pagi-pagi banget soalnya airnya masih surut. Ketemu dan kenalan sama Bli akhirnya kita jalan menuju ke spot pertama, Crystal Bay. Bli ini bilang sebenernya spot pertama snorkeling itu Manta Bay, tapi karena katanya ombaknya apa gelombangnya gitu lagi tinggi jadi ga memungkinkan ke sana, jadi Bli ini memutuskan buat nunggu agak siangan dikit kalau gelombangnya gak terlalu tinggi kita berangkat ke Manta Bay, baiklah. Oh ya, Manta Bay ini spot buat liat manta/pari.

Awal-awal nyebrang dari Nusa Lembongan sih ya masih biasa aja, arus masih tenang dan normal, pas di tengah-tengah perjalanan gelombangnya lumayan gede, seumur-umur mau snorkeling ni baru ngalamin gelombang kaya gitu, sebenernya jaraknya gak jauh cuma gelombongnya Subanallah, saya sempet nanya juga sama Bli,

"Bli, ini gelombangnya emang tinggi gini?"
"Yah, ini mah masih biasa aja, Mbak."

Masih biasa ajaaaaa, siap.
Sampai di spot pertama, Crystal Bay. Ternyata udah rame orang hahahaha, kebanyakan sih bule-bule. Sebelum turun sih saya udah ngerasa nih ko tempat snorkeling tapi arusnya gini, pernah di Lampung juga snorkeling arusnya kuat ya tapi ga gini-gini banget.

"Mbak, snorkelingnya pake pelampung? Gak usah aja lah ya."
(Kalo arusnya tenang sih ya selo Bli, ini mah gak santai).

Pas turun, bener deh itu arusnya kuat, snorkeling sebentar pas naik posisi badan udah ada di antah berantah jauh banget dari perahu hahahaha. Liat-liat ikan lagi, pas naik posisi badan udah ada di mana, gitu terus, saking kuatnya arus, tapi kalah sih asli sama bule-bule yang tetep tenang dan kalem kaya mereka tuh emang akamsi hahahaha. Pemandangan bawah lautnya di sini kalo menurut saya bagus tapi ya masih sama kaya di tempat-tempat lain. Saya sih ga terlalu lama snorkeling di sini soalnya ya begitulah jadi saya buru-buru naik ke perahu. Nikia masih semangat snorkeling, tapi tiba-tiba dia bilang dia pusing dan pengen istirahat dulu di pinggir pantai, sempet minum antimo dulu kalo gak salah ini orang, sumpah tumben-tumbenan si Nikia mabok lauttt. Tapi ya emang kerasa banget sih pas snorkeling terombang-ambing tak tau arah.

Udah istirahat kita balik lagi ke perahu dan nanya gimana kalo ke Manta Bay, memungkinkan atau enggak, ternyata kata Bli ayo aja gelombangnya agak turun, ya baiklah. Dari Crystal Bay ke Manta Bay gak jauh-jauh banget sih sebenernya cuma nih ya cumaaa gelombangnya makin-makin menyeramkan. Pas di tengah laut saya liat ada beberapa perahu dan bule-bule yang tetep tenang pada snorkeling, padahal ya itu di tengah laut gelombangnya lumayan, ternyata ini Manta Bay. Tapi sih menurut orang-orang mantanya lagi gak muncul.

"Do you see manta?"
"Nope."

Si Bli ga pantang menyerah dia maju lagi nyamperin beberapa perahu agak di ujung, ini gelombangnya lebih parah dari di Crystal Bay sih dan Nikia akhirnya turun, saya mah nunggu aja lah di perahu.

"Nik, ada gak?"
"Gak ada apa-apa, Res. Pasir doang."

Ternyata di sini ga ada karang-karang dan ikan-ikannya, emang khusus buat liat manta tapi mantanya ga muncul dan kita malah liat turtle. Gapapa, nanti taun depan ke sini lagi. Nikia juga udah gak kuat sama gelombangnya dan akhirnya naik ke kapal lalu dia mabuk laut dan akhirnya tidur. Kita mau lanjut ke spot ketiga, Gamat Bay. Dari Manta Bay ke Gamat Bay juga lumayan gak jauh-jauh banget tapi ya itu sumpah gelombangnya sampe akhirnya kejadian gelombangnya tinggi dan nyiram semua yang ada di perahu hahahaha. Nikia bobok dan saya snorkeling sendirian di Gamat Bay, di sini ga terlalu rame dan gelombangnya menurut saya sih normal normal aja jadi saya snorkeling lumayan lama di sini. Bawah lautnya Gamat bay warna-warni banget terutama jenis ikannya banyak. Puas deh snorkeling di sini dan emang dasarnya kalo udah nemu air mah udah lupa waktu.

Spot terakhir, Toyapakeh. Kalau Toyapakeh ini lebih deket ke pemukiman penduduk tapi asli di sini juga gak kalah bagus dari Gamat Bay, karang-karangnya masih cantik-cntik, ikan-ikannya banyak banget jenisnya. Awalnya saya sendiri snorkeling di sini tapi akhirnya Nikia turun juga. Di sini gelombangnya paling normal dari sebelum-sebelumnya. Di Toyapakeh juga ada satu tempat di tengah laut gitu kaya perahu lebih mirip feri sih sebnernya dan menyediakan fasilitas perosotan langsung nyemplung ke laut. Tapi kita ga bisa ke sana karena harus punya akses khusus bukan untuk umum. Sedih. (Gak akan ada foto-foto snorkeling yang muncul di postan ini karena aurat sis hahaha).



Nih kasih foto Nikia aja lagi snorkeling

Kalau boleh bilang sih Gamat Bay dan Toyapakeh tempat paling bagus buat snorkeling, spot-spot di Karimun Jawa kalah deh hahaha. Nah, kalo snorkeling cobain deh ke sini jangan di Nusa Dua mulu, bosen kan? Rincian biayanya nanti di bawah ya.


Masih pengen banget main air tapi harus udahan karena oh karena harus keliling-keliling ke tempat lain. Hari ini juga kita bakal nginep di Nusa Penida. Di Nusa Penida juga sama, transportasi utamanya adalah motor. Di Toyapakeh ini kita ketemu Bli Amin, kita ngurus-ngurus soal perahu ke Bli Amin ini. Penginapan kita ternyata lumayan jauh dari Toyapakeh jadi ga mungkin naro barang dulu ke penginapan terus baru jalan, akhirnya kita sewa motor di Bli Amin dan nitip barang-barang di rumah Bli Amin.

Sebelum jalan nanya-nanya dulu nih sama orang-orang sekitar termasuk Bli Amin gimana baiknya kalo mau jalan-jalan. Jadi kesimpulannya gini, kalo kalian mau keliling Nusa Penida dan mau ngunjungin semua tempat di sini gak akan cukup kalau cuma sehari, soalnya di sini tempat wisatanya juga lumayan banyak dan ga semua di satu daerah. Kaya Angel's Billabong dan Broken Beach itu di barat Nusa Penida, Bukit Teletabis dan Pasih Atuh ada di timur Nusa Penida. Kalau kalian cuma punya satu hari kaya saya dan Nikia, kalian harus pilih salah satu mau ke barat atau ke timur. Akhirnya kita mutusin buat ke barat, ke Angel's Billabong dan Broken Beach.

Cuacanya panas Alhamdulillah, panas banget hahaha. Di Nusa Penida ini cukup susah sinyal sih sebenernya jadi ke Angel's Billabong yang jauh itu gak bisa pake Google Maps, kita harus nanya sama orang-orang. Di Nusa Penida ini wisatawannya gak sepadat di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, di sini normal ga terlalu paciweuh. Jalan menuju ke Angel's Billabong sih awalnya ya bagus, udah diaspal, tapi setengah perjalanannya lagi Alhamdulillah batu-batu, pokoknya hati-hati ya. Petunjuk jalannya kurang sih jadi saya modal nanya aja ke mas-mas, ke mbak-mbak warung, ke anak kecil, tapi Alhamdulillahnya mereka tau tempat yang saya tanya dan dengan modal tanya-tanya itu sampai juga di Broken Beach!

Broken Beach itu sebenernya bukan pantai yang kita bisa main-main air sih, jadi di sini itu ada sebuah tebing yang memiliki lubang di tengahnya. Beautiful view dengan angin ngagelebug. Di sini cuma bisa foto-foto gak bisa main air. Angel's Billabong masih satu daerah dengan Broken Beach, dari Broken Beach kita harus jalan agak ke bawah buat sampai di Angel's Billabong, Angel's Billabong ini jadi kaya kolam renang yang terbentuk secara alami, mirip lah kaya laguna-laguna gitu. Di Angel's Billabong juga sebenernya gak bisa main air soalnya ada larangannya tapi ya banyak juga sih yang turun karena penasaran main air, sebenernya saya juga mau turun sih pengen tapi ya demi keselamatan sampai di Bandung lagi jadi yaudah liat aja dari atas.
Broken Beach

Angel's Bilabong

Saya sih sebenernya yang ngebet banget pengen ke sini gara-gara liat postingan orang-orang tempat ini bagus dan kayanya lagi hits banget. Tapi ya kadang emang kita gak boleh berekspektasi terlalu tinggi. Salut banget sih sama yang rela ke sini, soalnya tempat ini jauh, perjalanannya panas, dan setengah jalan ke sini itu batu-batu. Atau mungkin bukan rela sih ya, sama aja kaya saya karena gak tau medannya kaya apa ya mau gak mau harus dijalani dengan sepenuh hati (bodo amat). Salut juga sama Nikia yang seperti biasa harus nyetir motor kalau liburan karena apalah aku tak bisa diandalkan. Makasih yhea Nikia.

Puas foto-foto, liat ombak, liat tebing-tebing karang, nikmatin kebesaranNya kita berdua harus pulang lagi ke Toyapakeh karena perjalanan dari Toyapakeh ke penginapan juga lumayan jauh. Di jalan pulang Nikia agak-agak ngantuk sih hahahaha kasian tapi saya gak bisa gantian bawa motor, suka gak enak sendiri. Sebelum ke penginapan kita ambil barang dulu ke rumah Bli Amin. Oh ya, Toyapakeh ini satu-satunya perkampungan muslim di Nusa Penida, kalau kalian mau cari makanan yang halal di sini sih insyaAllah halal.

Ternyata oh ternyata penginapan kita emang jauh, gak sampe-sampe dan sempet takut nyasar. Di Nusa Penida ini kita nginep di Gepah. Sayang sungguh sayang di sini gak ada kolam renang tapi asli deh enak banget buat istirahat, soalnya tempatnya tenang banget. Kamarnya di sini cuma ada empat, saya dan Nikia satu-satunya wisatawan lokal, sisanya bule semua. Cape main seharian dan nginep di sini seneng banget, sepi dan kalo malem bisa liat bintang, di Bandung mah mana bisa ya sekarang susah mau liat bintang. Kalau laper di sini juga bisa pesen makanan langsung ke Bli yang jaga di depan, malem-malem kita lapar dan pengen makan tapi males cari makan keluar akhirnya kita pesen mie.


Gepah

"Bli, ada mie gak di sini?"
"Ada, Mbak, tapi di sini adanya mie sedap."
"Gak ada indomie, Bli?"
"Di sini mah gak ada indomie, Mbak, di Nusa Penida cuma ada mie sedap. Beda sama di Jawa."

Saya ama Nikia cuma ketawa-ketawa dan agak kesel juga kenapa sih kenapaaa ko gak ada indomie?
Jadi, kalo ke Nusa Penida mau makan indomie ya bawa sendiri, karena ingat di sini adanya mie sedap, mie sedap. Makan, istirahat, masuk kamar, cerita-cerita, siap-siap tidur, besok kita harus nyebrang ke Pulau Bali. Nikia katanya masih gak sanggup denger suara ombak, pusing, hahahaha. Dia harus nyiapin diri besok harus naik speed boat lagi, nemu ombak lagi. Semangat ya Nikiaaaa.

Kita nyebrang jam sembilan pagi, jadi bangun pagi, sarapan, dan langsung menuju ke pelabuhan di Toyapakeh buat nunggu speed boat. Hari ini kita naik Maruti Express, tenang, kita gak usah takut ada calo atau apapun, cukup ke pelabuhan, beli tiket Maruti yang harganya 75rb, duduk sampai kapal datang siap nganter kita ke Sanur.

Urusan terakhir di sini itu ngembaliin motor ke Bli Amin, tapi orangnya dismsin gak ngebales, kutelpon sajalah.

"Bli, ini saya mau ngembaliin motor, Bli di mana?"
"Saya lagi nyetir nih, Mbak, lagi nganter tamu."
"Motor gimana, Bli?"
"Motor taruh aja, Mbak di pelabuhan."
"Kuncinya?"
"Iya, motor taruh aja di pelabuhan, kuncinya gantungin aja, aman ko taruh aja di situ, makasih ya Mbak."
(Dalem hati kaget sendiri, ni motor ga akan ada yang ngambil?)

Telpon ditutup saya sama Nikia ketawa-ketawa, ini orang-orang keren banget sih ga takut motor ilang, atau gak takut motornya sama saya dibawa ke Jawa. Bali keren ih. Nikia tadi di penginapan udah minum panadol dan dia berniat minum antimo karena takut mabuk laut hahaha, aneh banget ini anak gak tau kenapa jadi mabuk laut. Jam sepuluhan Maruti datang dan siap menuju Sanur, kali ini mending sih ga separah pas nyebrang dari Sanur yang bikin mabuk. Beres main di Nusa Lembongan, Ceningan, dan Penida, di Pulau Bali kita mau santai-santaiiiiiiii.




Kegiatan paling males, pindah tempat harus bawa barang

Detik-detik Nikia kepikiran mau minum antimo atau engga hahaha

Soal rincian biayanya nanti sekalian di satu post yaaaa.

Share:

0 comments