BALI #1: Sesumbar Gamau ke Bali


Dulu sama Nikia pernah ngobrolin soal tujuan liburan dan Bali,
"Gue mah gamau ah ke Bali, bosen, gitu-gitu doang."
"Sama gue juga, cukup ke Bali mah, gamau lagi mending ke tempat lain aja."
Sesumbar, tau-taunya kita berdua tiba-tiba ke Bali barengan.

Agustus dua tahun terakhir ini emang penuh berkah banget, tiap Agustus pas kebetulan pas liburan dan selalu bareng Nikia. Cerita dulu ya soal Nikia biar akrab, sama Nikia ini baru kenal kurang lebih satu tahun setengah lah, kenalnya juga dari Rezy sebenernya, tapi udah tiga kali nih keluar pulau bareng nikia, ke Sumatera dua kali dan ke Bali. Cocok banget pergi bareng Nikia, orangnya gak manja, gak rewel, bisa makan di mana aja, gak ribet, dan Alhamdulillah selalu berbaik hati di setiap liburan rela nyetir motor walaupun jaraknya pernah sampai Bandung-Sumedang bolak-balik, hahahaha, maafin ya Nikia nyusahin. Kalau diajak sama Nikia main, cepet-cepet terima!

 Muka baru sampe belum menderita naik speed boat
Ini sebenernya foto nunjuk billboard MBM :))


Pokoknya singkat cerita kita berdua sepakat buat ke Bali, tadinya mau ke Lombok dulu baru Bali tapi udahlah kita explore Bali aja. Berangkat tanggal 24 Agustus kemarin, berangkat masing-masing dan meeting point di Bandara Ngurah Rai. Sampai di Bali, kita langsung ke Sanur ngejar speed boat mau nyebrang. Di pikiran awal saya sih kayanya bakal bingung mau naik speed boat yang mana dan pasti di sana ribet banget banyak yang nawarin jasa penyebrangan. Tapi ternyata, bener ga boleh suusdzon hahaha, di sana cuma ada satu loket yang melayani pembelian tiket, ga ada calo-caloan atau orang ribet nawarin, cukup dateng ke loketnya dan bilang mau nyebrang ke mana, kalau slow boat 80ribu, kalau speed boat 175ribu, saya yang ngantri tiket dan ngasih 400ribu untuk dua orang, ternyataaa kalau buat wisatawan lokal harga speed boat cuma 100ribu, YEAY! Seneng lah kita hahaha.

Lama nyebrangnya sekitar 30-45 menitan, sebentarlah ya itu mah tapi kalau kita nyebrang dari Sanur ini siap-siap yah perjuangan harus dari awal, soalnya pas mau naik speed boatnya kita harus aga nyebrang sedikit dari pinggir pantai, sedikit banget sih tapi lumayan juga tinggi ombaknya, kaya saya pas mau naik ke speed boat Alhamdulillah basah sampai pinggang, kalau buat yang gak berjilbab, kalau mau nyebrang di sini mending pake celana pendek aja.

Awal-awal naik speed boat sih masih bercanda bercanda sama Nikia, ketawa-ketawa, lama kelamaan Nikia pusing, saya juga sama sebenernya sumpah pengen cepet sampe. Tapi sebelum kita kenapa-kenapa akhirnya sampai juga di Mushroom Bay yeyeyeye! Di Hari pertama ke Bali ini kita sepakat langsung ke Nusa Lembongan karena kita bakal jalan-jalan di tiga nusa yang terkenal. Oh ya, saya dan Nikia nyoret tempat-tempat yang udah pernah kita datengin atau yang udah mainstream (sosoan ya maaf), jadi beginilah cerita kami di Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida.

Sampai di Mushroom Bay, kita masih harus ke Jungut Batu karena penginapan kita letaknya di sana, tapi kita dapet free ride dari operator speed boatnya buat ke Jungut Batu. Di mobil menuju Jungut Batu sempet ngobrol-ngobrol soal cuaca sama Bli sopir (saya lupa namanya), katanya cuaca lagi bagus belum ada hujan lagi. Terus dia bilang kalau di Bali terutama di tiga nusa ini sih aman, mau naro motor kunci masih nyantol di motor juga InsyaAllah motor gak akan ilang. Saya ama Nikia kaget dan mikir ko keren sih. Dianterin Bli sampai ke penginapan kita D'Camel Hotel, murah meriah meraih, fasilitas enak, dan ada kolam renang. Istirahat sebentar, mandi, ganti baju, kita langsung siap buat keliling-keliling! Transportasi utama di pulau ini adalah motor jadi kita sewa motor sehari langsung dari hotel, di sini banyak ko tempat sewa motor tapi kalau gak mau ribet dari hotel juga banyak yang nyediain sewa motor. 

Muka abis naik speed boat, enek-enek tetep senyum

Kolam renang D'Camel (abaikan mukaaa)

"Mbak, kita jadi sewa motor yah untuk sehari, motornya di mana dan langsung bisa dipake?"
"Boleh, Mbak. Bisa langsung dipake, motornya di depan hotel, kuncinya udah ngegantung di motor."

Bener kata si Bli tadi, saya sama Nikia kaget dan ngerasa ko keren banget, bisa-bisanya ni orang di sini naro motor sembarangan kunci masih nempel di motor, coba kalo di Jawa, ditinggal sedetik mungkin udah ilang. Motor udah siap, langsung cusss. Seperti biasa kalo soal setir menyetir udah pasti Nikia yang bawa, kalo saya mah cuma sebagai penumpang. Tujuan pertama kita ke Yellow Bridge atau Jembatan Kuning, the famous one. Yellow Bridge itu akses utama buat nyebrang dari Nusa Lembongan ke Nusa Ceningan. Pas dateng lumayan banyak juga orang yang lagi foto-foto, kita juga lah ya pastinya foto-foto adalah wajib. Abis foto-foto sebentar langsung cari makan di sekitar situ, kita berdua cari indomie, setelah ke warung pertama nanya indomie ternyata gak ada, warung kedua nanya indomie lagi, gak ada juga, adanya mie sedap, akhirnya kita pasrah lah makan mie sedap aja. Saya makan satu porsi karena di pesawat udah sarapan jadi gak lapar-lapar banget, sedangkan Nikia makan dua porsi, lapar ibuk?

Jembatan Kuning/Yellow Bridge

Kenyang, lanjut ke Nusa Ceningan. Kita nyebrang pake motor lewatin Jembatan Kuning, pas nyebrang ternyata sereeeemm, soalnya menurut saya sih jembatan ini gimana ya, gak terlalu aman terutama di ujung jembatan deket pintu masuk ke Nusa Ceningan, pas dilewatin tuh goyang, kita ngebayangin gimana kalau kepeleset, gimana kalau ambruk hahaha. Tujuan kedua kita ke Blue Lagoon, petujuk jalannya awalnya sih oke, jalannya juga oke, tapi agak naik sedikit jalannya jadi batu-batu dan gara-gara pengen bikin video kita hampir jatoh, nyaris. Terus awalnya kita nyasar karena gak ada petunjuknya, balik arah dan belok sesuai dengan kesotoyan kita. Karena di sini agak-agak susah buat pake Google Maps jadi kita pakailah tanya ke warga sekitar mulai dari anak-anak di pinggir jalan sampai orang gede. Hasil dari tanya-tanya dan tentu saja ditambah sedikit kesotoyan akhirnya sampai di Blue Lagoon.

Blue Lagoon. Don't too close!

Awalnya di Blue Lagoon ini ada lokasi cliff jumping yang terkenal itu tapi ternyata sudah ditutup karena katanya banyak korban, awalnya sih saya pengen coba ya cliff jumping tapi pas liat ya wajar aja kalau banyak korban, serem banget gelombangnya. Puas foto-foto kita balik lagi ke Nusa Lembongan mau ke Devil's Tears, dari namanya aja udah serem banget ya. Kita berdua udah ngebayangin harus nyebrang lagi di Jembatan Kuning, agak-agak serem soalnya.


"Res, gue ngebayangin nyebrang di Jembatan Kuning."
"Sama, Nik, gue juga takut."

Tapi kita anaknya gak kenal takut hahahahahaha (MASASIH MBAKKK?), ya soalnya mau gak mau harus nyebrang lagi, tapi Alhamdulillah ko kita berhasil. Langsung menuju Devil's Tears, petunjuk jalannya jelas banget kok kalo di sini jadi kalian gausah takut kesasar. Daaaaaaan begitu sampai langsung kerasa percikan-percikan airnya. Saya kurang tau kenapa dinamakan Devil's Tears, yang jelas tempat ini adalah sebuah tebing yang terbentuk dari karang-karang dengan cerukan besar di bawahnya, jadi kalau ada ombak kencang datang menabrak dinding tebing maka akan terjadi percikan air dan kalau kalian beruntung kalian juga bisa liat pelangi yang akan muncul (duh saya kurang bagus kalo mendeskripsikan sesuatu, tar liat fotonya aja ya).

Pelangi di Devil's Tears

Saya sama Nikia cukup lama ada di sini, liatin ombak, liatin pelangi-pelangi yang muncul, liatin orang-orang pacaran, ciuman, mesra-mesraan. Kalau mau foto-foto di sini hati-hati ya temen-temen, soalnya serem kalau terlalu deket ke bibir tebing nanti kalian jatuh, apalagi kalau galau atau baru putus atau patah hati, jangan kegoda buat loncat. Spot terakhir kita adalah cari sunset, kita keliling-keliling lagi cari spot sunset tapi ko agak-agak ngaco gitu ya ada yang dibilang tempat buat liat sunset tapi bukan dan akhirnya kita ikutan orang-orang liat sunset di deket Devil's Tears juga. Sunset keren, kita langsung pulang sambil cari makan di deket-deket hotel kita, tapi agak susah juga ya emang cari makan halal di sini, Ahamdulillahnya kita gak sengaja nemu tempat makan halal nasi goreng murah meriah di samping hotel. ASIK.

Niatnya sih malem-malem mau berenang tapi saya sebenernya hari itu lagi gak enak badan banget masih batuk-batuk, pilek, sakit kepala, jadi kita akhirnya memutuskan buat istirahat karena besok juga bakal main air. Main airnya di post selanjutnya ya. Hehehehe.

APAAAAAAA? GAK ADA INDOMIEEEE?




Yellow Bridge/Jembatan Kuning, foto di sini asa gak ada yang bener

Mau foto tapi panas hahaha



Blue Lagoon

Subhanallah ya. Btw, nungguin pelangi muncul juga lumayan lama, pas lagi beruntung ya ada pelanginya


 Sunset

Subhanallah

Beberapa bulan setelah dari Bali, Jembatan Kuning yang diceritain di atas rubuh. Ada yang meninggal dan luka-luka, turut berduka.

Share:

0 comments