DOUBLE SUMMIT GEDE PANGRANGO #3

Sampe lagi di Kandang Badak, sayang tetangga sebelah si Geng Jakarta udah siap-siap mau pulang, nanti malem bakal ga ada tetangga dan tukang teh gratis hahaha. Di Gunung kerjaan selain tidur apalagi kalau bukan makan, pulang dari Puncak Gede makan lagi. Masak-masak! Koki di gunung tuh ada tiga, Santi, Mamet, dan Ayogi, kalau Vani dan Yogi tim cuci piring, kalau saya dan Rezy tim pengacau aja. Saya sempet mikir, di gunung bakal kekurangan makanan ga ya, tapi kenyataannya malah banyak dan kelebihan makanan, belum lagi dapet sumbangan dari Geng Jakarta dan setiap orang yang mau pulang pasti nyumbangin makanannya, sumbangan paling berharga adalah dari Bang Roy, teh TongJi.

Makan, makan, dan makan. Kerjaan di gunung gitu aja kalau lagi ga menuju puncak, kayanya turun ke Cibodas langsung naik beberapa kilo. Hari ini malah ada bubur kacang ijo, walaupun sedikit gagal karena ga empuk-empuk, ya namanya juga di gunung. Semua hal bisa ditoleransi, namanya juga di gunung hahaha. Selain makan ya ngobrol, dengerin Yogi ngelawak, atau wawancara Ayogi. Tapi hari ini kata anak-anak, semenjak turun dari Puncak Gede saya yang lebih banyak ngomong, cengos, dan kaya lagi ulang tahun.

"Si Resna tadi pas naek aja diem mulu, pas turun aja bat bet bat bet, mana banyak omong." - Rezy
"Res, maneh asa loba omong kitu euy? Asa keur diulangtahunkeun." - Mamet
"Res, maneh asa teu loba omong kitu biasana mah." - Mamet
"Haduhhh, Resna tuh ya trouble maker." - Vani

Karena Yogi tidur dan yang lain diem aja jadi mungkin saya yang lebih banyak ngomong kali ya, gatau sih saya ngerasanya seneng aja di gunung, sampe puncak, tanpa gadget, damai. Topik malam ini masih seputar besok pulang, cerita tentang Pangrango dan Madalawangi, antara ke Pangrango atau pulang. Kalau ke Pangrango kita harus berangkat sekitar jam 3subuh. Saya, Santi, dan Yogi tidak mau memaksakan kalau memang tidak kuat menuju Puncak Pangrango. Tapi, ditengah topik malam itu, tiba-tiba Yogi bangun dari tidurnya dan bilang,

"Hayu ah ka Pangrango."

Ini nih si Yogi paling ga baleg, padahal dia yang ngajakin pengen cepet pulang dan dia bilang ga akan ikut kalau naik ke Pangrango. Sisanya, tinggal saya dan Santi yang masih ragu. Kalau saya pribadi sih bukan soal capenya, tapi soal takutnya hahaha. Apalagi sepupu saya bilang,
"Hati-hati kalau ke Pangrango, jalannya bercabang."
Tapi ga ada pilihan lain saya dan Santi ga mungkin tinggal di tenda berdua, judulnya pasti moal baleg. Belum lagi pasti sirik liat orang foto-foto di Mandalawangi. Kata Yogi sih sekalian cape, kalau kata Ayogi Mandalawangi itu tempat paling romantis. Dan Ayogi ngeyakinin kalau kita kuat makanya dia mau ngajak ke Pangrango. Oknum Mandalawangi ya Ayogi, dia yang promosi banget tentang Pangrango dan Madalawangi, apalagi ditambah ceritanya tentang Soe Hok Gie. Jadi, Mandalawangi itu adalah salah satu padang edelweis di Indonesia, tempatnya romantis, dan merupakan salah satu tempat favorit dari Soe Hok Gie ketika naik gunung. Ya mau ga mau tetep aja tergoda. Keputusannya: besok subuh berangkat ke Puncak Pangrango dan Mandalawangi!!! Sekarang waktunya tidur. Biar ga kesiangan.

Subuh jam 2 alarm bunyi, gandeng, tapi ga ada yang mau peduli. Jam 3 Rezy riweuh ngebangunin semuanya, karena ngantuk, semuanya ragu-ragu jadi apa engga, lagi-lagi Yogi yang paling gajelas hahaha. Dibangunin malah bilang, "Yu ah mending tidur lagi." -_____-
Masak, makan, berdoa, berangkat. Tadi malem Mamet ngajakin yang di sekitar buat ikut naik ke Puncak Pangrango, tapi ga ada yang mau, alhasil ya cuma bertujuh. Dalem hati sih deg-degan, kalau kemarin kan bareng si Geng Jakarta, tapi ya percaya aja deh sama si Ayogi dan Bismillah.

Dari mulai jalan, saya mah pasti fokus liat ke bawah, ga akan mau tengok kanan kiri. Jalan menuju Pangrango beda sama ke Gede, di sini ga banyak batuan, didominasi sama tanah basah, akar, dan pohon-pohon gede yang tumbang di tengah jalan. Dari semalam saya sudah mengeluh sakit perut ingin buang air besar tapi rencananya mau ditahan aja sampe Cibodas. Tapi di tengah jalan saya udah ga kuat lagi dan semua nyuruh yaudalah jangan ditahan. Akhirnya, mau gamau saya harus buang air besar. Jadi gini, kalau mau buang air besar di gunung itu harus ngegali tanah dulu hahahaha. Maaf ya ini bukan jorok tapi berbagi pengalaman siapa tau kalian ngalamin hal yang sama. Dan dengan baik hatinya Yogi yang ngegaliin dan dengan nyebelinnya mereka malah ngeliatin apalagi Vani yang malah ngerekamin hahahaha, Astaghfirulloh.

Menuju puncak

Naik ke gunung ada rumusnya, seperti naik ke Pangrango kalau gamau nyasar. Rumusnya, ambil jalan yang ke kiri dan kalau nyasar turun lagi sampai nemuin tanah yang landai. Kirain matematika doang pake rumus. Kalau menurut saya sih jalannya enakan ke Pangrango, soalnya ga banyak batu, tapi banyak tanah. Kita bakal nemuin beberapa jalan yang di samping kanan kiri kita tanah tinggi cuma ada celah sedikit dan kita harus lewat di tengah-tengah tanah itu. Ngelewatin jalan yang pas pulangnya bisa dipake perosotan. Kali ini mamet ga F1, tumben.

Kalau udah nemuin pohon-pohon cantigi pasti bilang "Ayo, udah deket. Ayo deket udah keliatan tuh puncaknya. Ayo paling sepuluh menit lagi." Padahal, kalian jangan percaya deketnya, sebentar laginya, atau sepuluh menitnya anak gunung. Deketnya itu satu kilo, sebentar atau sepuluh menitnya lagi itu mungkin satu jam, semua itu cuma menghibur hahahaha. Saya sedikit-sedikit liat jam, sedikit-sedikit liat jam, dannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn sekitar jam 7 lebih akhirnya sampai juga di Puncak Pangrango, 3019mdpl.
YA ALLAH, ALHAMDULILLAH, GA PERCAYA, DOUBLE SUMMITTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT!!!!!!!
Saya yang bawa carrier aja udah mau jatoh, ga percaya bisa double summit Gede Pangrango. Alhamdulillah, makasih ya Allah. Puncak Pangrango ga sebagus Puncak Gede, di sini semuanya pohon, cuma ada celah yang ga terlalu besar pemandangan Gunung Gede. Kemarin saya dan yang lain ada di Puncak Gede di seberang sana dan sekarang ada di Puncak Pangrango. Pemula, ripuh, riweuh, tapi kebanggaan tersendiri bisa Double Summit.

Di Puncak Pangrango ga banyak foto-foto karena komando dari Mamet dan Ayogi yang bilang,
"Foto-fotonya tar aja pas pulang mending sekarang ke Mandalawangi."
Istirahat sebentar langsung menuju Mandalawangi yang kata mamet jaraknya cuma semenit, maklum da si eta mah F1. Ga sabar rasanya dan seperti biasa karena jalannya turun dan sedikit landai saya dan Vani bat bet bat bet. Ayogi yang jalan di depan memberitahu bahwa sudah ada edelwais dan entah kenapa saya terharu, saya bilang ke Santi dan Vani saya terharu pengen nangis, lebay sih tapi mereka juga merasakan hal yang sama.

"Pertigaan belok kanan!" Komando Mamet.
DANNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN.
SAMPAILAH KITA DI MANDALAWANGI. Padang Edelweis yang romantis.
Sampai di sini saya, Vani, dan Santi seperti yang baru mendapatkan kado satu trilyun, pengen guling-gulingan, jingkrak-jingkrak, loncat-loncat, teriak-teriak. Alhamdulillah ya Allah, Mandalawangi memang indah. Di situ juga ada semacam tugu in memoriam anak-anak Tramp yang meninggal di sana. You may rest in peace.

You must be in love with Mandalawangi

Hari itu cuma kita aja yang ada di Mandalawangi makin aja kaya milik sendiri. Walaupun tidak seluas Surken tapi ini juga ga kalah indahnya dan walaupun edelweisnya ga lagi mekar tetep aja bikin betah. Karena air habis dan sungai super kecil di Mandalawangi sedang kering maka Mamet dan Ayogi memutuskan untuk mencari air. Ketika Mamet dan Ayogi pergi kami semua sibuk sendiri ngelamun gatau ngelamunin apa yang pasti kita semua diem. Betah. Di sini kita bisa liat jelas awan yang bergerak rasanya tuh jaraknya deket banget sama kita. Tiba-tiba cerah ga ada awan, tiba-tiba awan lewat di atas kepala kita, tiba-tiba berkabut. AAAAAAAAAAAAA!!!! Di sini juga dingin banget tapi gatau kenapa saya gamau pake jaket hahaha jangan ditiru sih. Saya ga bisa jelasin pake kata-kata pecahnya Mandalawangi pokoknya selama kalian masih mampu dan sehat segera kunjungi Gede Pangrango dan mampir ke Mandalawangi. Di jamin kalian pasti betah.

Yogi sibuk ngomong sama bunga
Santy
Vani
Mamet Jumbun
 Resna
Yogi
Rezy
Man of Steel kita, AYOGI

Keluarga Tong Gandeng

Pangarango itu sepi, jarang juga yang mau sekalian naik Gede Pangrango biasanya Gede doang. Tapi Pangrango ga kalah indahnya. Rasanya mau masukin semua foto! Tapi kasian takut kalian pada ngiri hahaha, cengos. Di Mandalawangi kita sempet minum air yang rasanya kaya air bekas minum macan, makan mie, ngopi, lagi-lagi saya diprotes pas makan mie, cengos katanya. Lama perjalanan turun lebih cepet, di sini kurang bisa bat bet bat bet tapi bisa perosotan. Pulang ke Kandang Badak, lalu makan, beres-beres, dan langsung turun ke Cibodas. PULANG! Tandanya udah deket ke Kandang Badak adalah nemuin kayu-kayu besar malang di tengah jalan. Sekitar jam dua belas kurang udah ada banyak nemuin kayu-kayu itu berarti udah deket dan saya denger suara orang ketawa-ketawa kenceng sampai dua kali, yakin banget udah deket. Dan ternyata beberapa menit kemudian sampai di Kandang Badak, tapi ga ada yang ngecamp dan ga ada orang satupun, cuma tinggal tenda kita, terus yang tadi ketawa-ketawa itu siapa?