MENUJU PUNCAK GEDE! #1

"Setengah jam pertama pas naik gunung adalah penyesalan." - Ayogi.

Itu rasanya bener banget, baru naik lima menit mulai perjalanan aja rasanya udah mau pulang lagi aja ah, ngapain dilanjutin. Tapi rasa nyesel itu kalah sama rasa penasaran mau sampe puncak.

10 hari sebelumnya, tiba-tiba vani nge-whatsapp, "Siap ga kalau naik gunung ke Gede tanggal 28 Oktober?"
Ini nih, kerjaan anak-anak, apapun ngedadak. Rencana awal yang berangkat, saya, Vani, Santi, Mamet, Rezy, Sasa, dan Yogi. Mulai urus-urus SIMAKSI, nyiapin perlengkapan, logistik, pinjem barang-barang yang ga ada. Jadi, kalau mau naik Gunung Gede Pangrango, kita harus urus-urus ijinnya dulu, minimal 1 minggu sebelum naik, bisa online, tapi mending langsung ke kantornya, di Cibodas. Biaya administrasinya 10ribu rupiah, murah kan, naik gunung mah murah. H-2, Sasa ga ikut, padahal yang paling gajelas tuh si Yogi. Akhirnya cuma berenam dan katanya Sasa bakal digantiin sama temennya Mamet. Sasasusu, kamu pasti ke sana nanti! :)

27 sore, menuju Gunung Gede. Meeting point di Terminal Leuwi Panjang, menjelang maghrib baru berangkat menuju Cibodas, sampai di Cibodas sekitar jam 9 malam. Makan dulu di tukang nasi padang naik haji, lalu packing ulang dan akhirnya temennya Mamet, Ayogi datang. Ternyata anak kampus juga. Lalu naik angkot ke arah Kebun Raya Cibodas, untuk menuju pos dan kami sudah sepakat untuk menginap di sana semalam, paginya baru memulai pendaikan. Gunung Gedeeeeeeeeeeee!
Sampai di pos, sudah disambut sama dua orang yang kesurupan, keduanya merasa ada yang memanggil ketika perjalanan pulang. Saya menyaksikan sendiri salah satu orang yang kesurupan karena posisinya tepat ada di depan tempat kami untuk tidur, saya sebenarnya pura-pura gamau tau dan gamau denger. Posisi perempuan itu sedang tidur, dan kami pun berusaha untuk tidur. Lalu tiba-tiba dia terbangun, lalu berteriak bahwa seseorang memanggilnya dan dia harus segera pergi ke sana.
Sampai Vani bangun lalu bertanya pada Santi, "San, ada yang bisa dibaca ga?" -______-
Belum lagi salah satu temannya sakit, yang digotong dari atas. Jujur, mental saya ngeliat kaya gitu mulai kacau, apalagi ini pengalaman pertama naik gunung, ditambah lagi saya lagi sakit gigi, kuat ga ya sampe puncak, bisa ga ya, nyasar ga ya, takut kenapa-kenapa. Tapi sebelum tidur, yaudalah, Bismillah.

28 pagi, bangun sih subuh, tapi siap-siap dulu, packing ulang, sarapan pagi di warung. Akhirnya berangkat dari Cibodas sekitar jam 6 pagi. Estimasi perjalanan menuju tempat camp, Kandang Badak, sekitar 7-8 jam. Berdoa, Bismillah, pasti bisa. Dengan bawaan carrier yang beratnya Subhanalloh, jalannya batu-batu dan nanjak, baru lima menit aja udah ngos-ngosan banget dan mikir mau balik lagi aja sendiri ga akan jadi naik gunung. Tapi diyakinin dalem hati, pasti bisa. Sedikit-sedikit minta berhenti, "Break!"
Mamet mulai jalannya kaya F1 duluan di depan dan untungnya man of steel kita kali ini adalah Ayogi, senior yang udah naik 5kali ke Gunung Gede ini sabar banget nemenin kita jalan yang jalannya lelet kaya kura-kura, belum lagi ngeluh berat, dan ibaratnya 2detik sekali minta break, hahaha. Istirahat pertama paling lama di Telaga Biru. Telaganya, Subhanallah bagus banget, tenang, adem, nyaman, tapi kalian hati-hati ya kalau lewat sini malem-malem, peraturan paling penting kalo lewat sini, jangan nenggak ke atas dan jangan pernah berenang di telaganya. Nanti saya ceritakan terpisah.
Bagus, kan?

Di Telaga ini ketemu sama anak-anak Jakarta yang mau naik juga, Bang Dul, Bang Roy, sama Bang Malik. Baru ketemu aja udah baik banget, ngebikinin teh. Akhirnya kita berangkat menuju Kandang Badak bareng sama mereka. Mamet sama Bang Roy di depan, geng F1. Sehabis Telaga Biru kita melewati Rawa Gayonggong, sayang jalannya udah kaya disemen gitu, padahal tahun lalu masih kayu-kayu, cita-cita saya mau foto di situ, hiks. Setelah rawa lalu ada pos, Panyancangan namanya, istirahat lagi. Nengok ke belakang, selamat datang jalan batu-batuan, kanan kiri hutan, dan akar-akaran. Perjalanan masih panjang.

Rawa Gayonggong. Perjalanan Masih Jauh

Perjalanan sudah dekatttttt

Istirahat lama lagi di Cipanas dan ketemu si Mamet lagi, setelah geber kaya F1. Di sini terdapat aliran air panas gitu, jadi kalau cape kalian bisa nyemplung dulu ke air panas, ga gede sih bentuknya kaya solokan gitu, terus ada pos dan tempat istirahatnya juga. Lumayan. Sebelum ke tempat air panas itu, kita bakal ngelewatin jalan yang di sebelah kiri kita itu tebing yang dialiri air panas, lalu sebelah kanan kita itu jurang, dan di bawah kita itu batu-batuan yang dialiri air panas juga, nah, kalian kalau lewat sini hati-hati, awas kepeleset, watch your step!

Ngerendem kaki dulu

Setelah Cipanas kita bakal ngelewatin Kandang Batu, ga beberapa lama kita bakal sampai di Kandang Badak. Alhamdulillah. Sepanjang jalan kita di temenin sama Ayogi dan Bang Dul. Gatau lagi kalau ga ada mereka berdua, mungkin kita udah nyasar ke Gunung Salak, hahaha. Jadi sedikit bayangan, menuju Kandang Badak itu kita lewat jalan setapak, kanan kiri hutan, jalannya nanjak, dan yang paling gakuat buat kita adalah bawa carrier, percaya ga percaya, bahu perih banget. Bang Dul paling pengertian, kita ga bilang cape, tapi dia selalu ngeduluin "Kalo cape ngaso aja dulu, jangan dipaksa." Akhirnya di jalan banyak ngaso sama Bang Dul. Ini ke enam kalinya dia mau naik ke Gede. Sebelumnya Santi bilang, jangan ngecamp di Kandang Batu, dan Bang Roy juga bilang yang sama. Tapi, kita sempet solat berjamaah di Kandang Batu. Kandang Batu ini tempatnya kaya ga ada sinar matahari yang masuk, dingin.

Suasana Kandang Batu, Dzuhur berjamaah

Setelah Kandang Batu jalannya landai dan sampailah kita di Kandang Badak jam dua siang, Allahuakbar, perjalanan delapan jam akhirnya sampe juga. Cukup rame yang ngecamp di situ, kita bikin tenda di samping Geng Jakarta. Kita bakal ngecamp di sini sampai subuh, sekitar jam 4 subuh baru menuju Puncak Gede. Summit Attack!